1 Orang Meninggal Akibat DBD, Achmad Pairin Minta Dinas Terkait Lebih Aktif Sosialisasikan 4M Plus

25
1 Orang Meninggal Akibat DBD, Achmad Pairin Minta Dinas Terkait Lebih Aktif Sosialisikan 4 M Plus
Walikota Metro, Achmad Pairin / Net

Sebatin.com, Kota Metro – Walikota Metro, Achmad Pairin meminta masyarakat untuk waspada lagi terhadap penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), dengan lebih menjaga dan peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, tercatat sebanyak 79 warga Kota Metro positif menderita penyakit DBD. Dan satu warga telah meninggal dunia akibat DBD.

“Dari 139 kasus di Kota Metro, 79 warga positif DBD. Sedangkan 60 kasus suspek DBD. Kemudian dari 79 warga ini satu orang warga meninggal dunia,” terang Achmad Pairin disela-sela kegiatannya, Kamis (13/2/20).

Ia mengatakan, antisipasi penyebaran penyakit DBD dapat dilakukan dengan 4M plus. Ini mengingat musim penghujan akan terjadi hingga bulan April mendatang. “Jadi kepada dinas terkait diharapkan lebih giat untuk sosialisasi ke masyarakat dalam mencegah DBD. Upaya ini dapat dilakukan dengan 4M Plus. Yakni menguras, menutup, mendaur ulang dan memantau jentik nyamuk serta menaburkan bubuk abate,” paparnya.

Selanjutnya, langkah lain juga dilakukan dengan menempatkan satu rumah warga dengan satu kader juru pemantau jentik (Jumantik). Jumantik tersebut akan bertugas untuk memantau perkembangan nyamuk di setiap rumah warga.

“Ini musim penghujan, jadi kita semua harus waspada dan berhati-hati. Karena kalau sudah terserang DBD ini pilihannya hanya dua, kalau tidak sembuh ya meninggal dunia. Jadi kita harus waspada, jangan sampai ada korban jiwa lagi,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda