2018 Kota Metro Akan Miliki Penangkaran Rusa Totol

364
2018 Kota Metro Akan Miliki Penangkaran Rusa Totol
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro Yeri Ehwan (tengah), saat berada di lokasi calon penangkaran rusa totol di Banjarsari, Metro Utara, Rabu (21/06/2017). Foto : Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Kota Metro akan memiliki penangkaran rusa pada tahun 2018 nanti, hal ini dilakukan guna menarik minat wisatawan. Penangkaran rusa ini direncanakan akan di tempatkan di wilayah Bumi Perkemahan Metro Selatan dan wilayah Kelurahan Banjarsari Metro Utara.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro Yeri Ehwan mengatakan, untuk penangkaran di wilayah Banjarsari Metro Utara tersebut adalah milik swasta yakni PT. Superindo Utama Jaya.

“Dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) telah meninjau juga meminta agar kandang rusa ini tertutup dan untuk kandangnya disiapkan dengan ukuran 30×40 meter persegi, kurang lebih akan ada 4 – 5 ekor rusa nantinya. Petugas medisnya juga sudah disiapkan termasuk dokter hewan dan laboraturium pemeriksaan,” jelas Yeri, Rabu (21/6/2017).

Lanjut Yeri, bahwa jenis rusa yang akan ditangkarkan adalah rusa totol. Dan secepatnya akan dibentuk kelembagaan yang akan merawat rusa dan mengelola penangkaran rusa yang akan di tempatkan di Bumi Perkemahan Kecamatan Metro Selatan.

“Rusa-rusa yang akan didatangkan ini dari Bogor dan semuanya gratis, mungkin hanya biaya kirim yang ditanggung Pemkot Metro,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Camat Metro Utara Usman Amadin membenarkan, bahwa akan ada penangkaran rusa di Metro Utara. Mengenai perizinan, menurutnya sudah sesuai berdasarkan prosedur yang ada.

“Mudah – mudahan pelestarian rusa ini berhasil. Sehingga bisa menopang Kota Metro sebagai Kota Wisata Keluarga dan menunjang Dam Raman agar menjadi destinasi wisata,” pungkasnya.

(S02)

Tinggalkan Komentar Anda