216 Ribu Buku Kini Jadi Koleksi Perpustakaan Daerah Kota Metro

406
216 Ribu Buku Kini Jadi Koleksi Perpustakaan Daerah Kota Metro
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro. Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Jumlah pengunjung perpustakaan daerah Kota Metro ternyata cukup tinggi. Di mana, perhari rata-rata pengunjung perpustakaan tersebut mencapai 300 orang yang kebanyakan dari kalangan mahasiswa di Kota Metro.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro Mega Fitri didampingi Supriyanto selaku Pustakawan di ruang kerjanya, Kamis (2/3/2017). Kata dia, jumlah pengunjung tersebut akan meningkat saat penyusunan skripsi, di mana banyak mahasiswa yang datang untuk mencari buku referensi.

”Karena kebetulan koleksi buku referensi untuk skripsi kita lumayan lengkap. Jadi kalau pas mahasiswa akan menyusun skripsi, mereka kebanyakan mencari buku di sini,” katanya.

Untuk koleksi buku sendiri, lanjutnya, perpustakaan daerah Kota Metro memiliki sekitar 216 ribu buku yang terbagi menjadi beberapa bidang buku, seperti buku referensi, karya ilmiah, karya umum, sosial, undang-undang, dan lainnya.

”Jadi buku judul kita 54 ribu judul dan per satu judul itu ada 4 eksemplar, jadi jumlahnya sekitar 216 ribu buku. Buku tersebut ada beberapa bidang ya, seperti karya ilmiah, UU dan lainnya. Dan kita juga punya karya deposit atau karya daerah. Sementara ini karya deposit kita terbatas, karena kita cari di sini juga masih sedikit penerbitannya,” paparnya.

Dalam setiap tahunnya, kata dia, koleksi buku di perpustakaan daerah Kota Metro juga akan ditambah. Di mana, untuk menambah buku di perpustakaan, biasanya meminta saran dari pengunjung perpustakaan.

”Kalau berbicara lengkap, itu sulit. Karena buku yang pengunjung cari tidak ada di sini. Makanya untuk penambahan buku itu kita minta saran dari pengunjung. Nah permasalahannya tidak semua pengunjung itu mau memberikan saran untuk menambah buku apa,” pungkasnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda