5 Pengusaha Paling Inspiratif Di Indonesia

660
Ilustrasi Pengusaha Sukses

Sebatin.com – Anda yang saat ini sedang mencari kerja, bingung sudah kesana kemari dalam melamar kerja namun belum ada panggilan kerja juga ? Coba baca artikel menarik berikut ini yang bisa memberikan inspirasi dan ide bagi anda untuk membuka peluang usaha sendiri.

1. Bob Sadino

Bob Sadino
Foto Bob Sadino. Gambar : http://assets.kompas.com

Mendiang Bambang Mustari Sudino atau yang lebih akrab disapa Bob Sadino adalah salah satu pengusaha yang sangat terkenal, dengan gaya nya dalam berpakaian yang nyentrik membuat masyarakat banyak mengenal Bob Sadino.

Pria kelahiran 9 Maret 1933 ini memulai usahanya dalam bidang perternakan, lebih tepatnya bisnis telur ayam negeri. Menurut Wikipedia Indonesia Bob lah yang pertama kali memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya. Bob menjual sendiri telurnya dengan pola door to door.

Seiring berjalannya waktu bisnis telurnya ini sukses dan mengembangkan usahanya ke penjualan daging ayam dan sayuran hidroponik. Menurut catatan Wikipedia pada tahun 1985 perusahaan Bob menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan 100 ton sayuran segar.

2. Gibran Rakabuming

Foto Gibran Rakabuming. Gambar : http://1.bp.blogspot.com
Foto Gibran Rakabuming. Gambar : http://1.bp.blogspot.com

Kenal dengan Gibran ? atau tidak asing dengan namanya ? ya benar, Ia merupakan anak dari Presiden RI ke-7, Joko Widodo. Gibran merupakan salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Gibran menjalankan usaha bisnis pada bidang makanan, yaitu katering yang diberi nama Chilli Pari. Gibran adalah contoh anak yang ngeyel dalam mempertahankan keinginannya, bagaimana tidak ayahnya sendiri mempunyai usaha meubel namun Gibran sama sekali tidak ingin hanya meneruskan usaha ayahnya tersebut. Ia tetap ngeyel untuk membangun usaha nya sendiri, namun hasil dari sifat ngeyelnya ini berbuah manis.

Lalu apakah Gibran membangun usahanya dari uang ayahnya ? jawabannya adalah tidak, Ia bahkan rela bersusah payah dalam mengajukan pinjaman bank. Namun usahanya tidak semudah itu, sebelum mendapatkan pinjaman uang, Ia bahkan sempat ditolak oleh tujuh bank.
Dengan modalnya yang kecil ini Gibran mampu mengelola usahanya hingga besar seperti sekarang ini, Restoran yang ia kelola bahkan saat ini menerima order hingga ribuan orang.

3. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti
Foto Susi Pudjiastuti. Gambar : Http://i1380.photobuck

Susi merupakan salah satu pengusaha yang dandananya sangat nyentrik, kini ia sudah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Era Kepemimpinan Presiden Jokowi.

Owner dari Susi Air ini hanya mengantongi ijazah SMP, karena di keluarkan dari bangku SMA. Saat itu Susi lebih memilih berdagang ikan di Pangadaran. Lalu modalnya dari mana ? Ia bahkan rela menjual perhiasannya guna mencukupi modal awal dalam usahanya tersebut dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.750.000

Bisnis penjualannya ikannya meluas hingga ke Asia dan Amerika, karena itu Susi mengajukan pinjaman bank sebesar Rp 20 Miliar, dengan uang tersebut ia lalu mendirikan PT ASI Pudjiastuti Aviation dan membeli sebuah pesawat Cessna Caravan pada tahun 2004.

4. Sunny Kamengmau

Sunny Samengmau
Foto Sunny Samengmau. Gambar : http://news.indotrading.com/

Apakah pernah mendengar tas dengan merek Robita ? mungkin sebagian orang bahkan belum mengetahuinya, namun tas ini sangat popular di Negara Jepang bahkan wanita sosialita banyak menggunakan tas ini.

Pria kelahiran Nusa Tenggara Timur bahkan tidak lulus dari bangku SMA, Namun dia tidak berhenti dalam berusaha. Dengan modal tekat yang tinggi Sunny pergi ke Bali dan melamar pekerjaan menjadi tukang sapu di sebuah hotel. Selama bekerja di hotel tersebut ia mempelajari bahasa asing yaitu bahasa Inggris dan Jepang, bahkan gaji pertamanya ia relakan untuk membeli kamus bahasa Inggris

Kemampuannya dalam berbahasa Jepang mempertemukannya dengan seorang tamu bernama Noboyuki Kakikazi pada tahun 1995. Kebetulan Noboyuki ini adalah pengusaha konveksi di negaranya, lima tahun kemudian Noboyuki menawari Sunny pekerjaan baru yaitu pemasok tas kulit.

Namun pekerjaan baru nya ini tidak semata-mata berjalan mulus, Sunny berkali-kali gagal dalam membuat produk hingga nyaris ditinggalkan oleh para karyawan yang ia rekrut lantaran usahanya ini tidak menghasilkan pemasukan sama sekali.

Perlahan tapi pasti Sunny terus mengembangkan usahanya, hingga tas yang ia pasok
mencapai 5000 tas per bulannya dengan omset mencapai Rp 10 miliar dalam satu bulannya.

5. Reza Nurhilman

Reza Nurhilman
Foto Reza Nurhilman. Gambar : https://www.maxmanroe.com/

Pernah makan keripik pedas atau keripik setan dengan merek Maicih ? ya produk kripik pedas terbesar di Indonesia ini adalah perusahaan milik Reza Nurhilman. Usaha ini dibangunnya saat ia berumur 23 tahun dengan modal awal Rp 15 Juta.

Di awal tahun 2011 ia memasarkan produknya ini sendiri melalui mulut ke mulut dan memanfaatkan jejaring sosial. Karena kesuksesan dalam penjualannya, produk Maicih diliput oleh salah satu stasiun tv swasta dan membuat produk ini semakin dikenal oleh masyarakat.

Kesuksesan Reza pun banyak diikuti oleh para pengusaha muda laiinya, dengan membuat produk serupa dengan bahan yang berbeda. Produk Maicihi ini sendiri sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia

Bagaimana, sudah menemukan inspirasi dari ke-lima pengusaha diatas? Perlu diketahui usaha bukan hanya dilihat dari seberapa besar modal yang dikeluarkan. Namun bisa kita contoh dari ke-lima pengusaha diatas, mereka terus tekun dalam menggeluti usahanya walaupun dalam beberapa waktu usaha mereka harus jatuh. Karena hasil tidak akan pernah menghianati proses anda sedikit pun. Salam Sukses! (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda