5143 Buku Sertifikat Tanah di Mesuji Siap di Keluarkan Melalui Prona 2018

20
5143-Buku-Sertifikat-Tanah-di-Mesuji-Siap-di-Keluarkan-Melalui-Prona-2018
Buku Sertifikat Tanah (Ils)

Sebatin.com, Mesuji – Kabupaten Mesuji, tahun 2018 mendapat kepercayaan untuk mengeluarkan sebanyak 5143 buku sertifikat melalui Proyek Oprasi Nasional (Prona), yang terdiri dari 25 Desa yang ada di wilayah kabupaten tersebut. Hal ini di katakan Kabag Tapem Mesuji,Gunarso, Rabu (16/05/18).

“Keseluruhan Prona ini berasal dari tiga bidang program, yaitu 4094 PTSL, 200 UKM, dan 849 Transmigrasi. Dan biaya pembuatan sertifikat ini, dari pihak BPN Tulang Bawang gratis tanpa biaya”, jelasnya.

Namun, ditambahkan oleh Gunarso, Kelompok Masyarakat (Pokmas) pembuatan sertifikat tersebut dapat memungut biaya, asalkan besaran biaya pungutan didasari atas dasar ketetapan dan kesepakatan bersama antara semua pihak, yang didapat melalui Musyawarah Desa.

“Atau dibuatkan Perdes juga bisa, intinya pungutan harus transparan, kemudian rincian biaya wajib jelas peruntukannya dan masyarakat pun tidak keberatan. Yang jelas, Prona ini ditujukan bagi segenap lapisan masyarakat, terutama bagi golongan ekonomi lemah, serta menyelesaikan secara tuntas terhadap sengketa-sengketa tanah yang bersifat strategis”, jelasnya.

Sementara itu, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tuba, saat di konfirmasi sebatin.com menjelaskan, sampai saat, pihaknya baru sebatas melakukan sosialisasi Sertifikat Prona di Kabupaten Mesuji. “Kemarin saya sudah masuk ke Tanjung Raya melakukan sosialisasi, saya bertemu hanya dengan pamong-pamong desa setempat saja. Kedepannya akan berlanjut ke tahap pengukuran lahan”, jelas Kasi Pengukuran BPN Tuba, Suhono.

(Roby)

Tinggalkan Komentar Anda