Achmad Pairin Bangga Ada OEMAH TBC di Kota Metro

28
Achmad Pairin Bangga Ada OEMAH TBC di Kota Metro
Walikota Metro, Achmad Pairin berfoto bersama kOmunitas Empaty Masyarakat ramAH (OEMAH) Tuberculosis (TBC), yang berada di Kelurahan Ganjar Asri, Metro Barat, Kamis (11/04/19). Foto : Ist

Sebatin.com, Kota Metro – Walikota Metro, Achmad Pairin secara langsung meresmikan keberadaan kOmunitas Empaty Masyarakat ramAH (OEMAH) Tuberculosis (TBC), yang berada di Kelurahan Ganjarasri, Metro Barat, Kamis (11/04/19). Peresmian ini dilaksanakan sekaligus guna memperingati Hari TBC sedunia.

Dalam sambutanya, Achmad Pairin mengungkapkan apresiasi dan kebanggaannya atas apa yang telah dilakukan oleh warga Ganjarasri tersebut. Menurutnya, keberadaan Komunitas Tuberculosis, merupakan yang pertama terbentuk di Provinsi Lampung.

“Terimakasih saya ucapkan kepada Ketua Komunitas dan pihak-pihak yang ada didalam komunitas ini. Saya akan berupaya mendorong dan mendukung semua kegiatan yang dilakukan Komunitas Tuberculosis ini”, jelasnya Achmad Pairin kepada awak media.

Dengan adanya komunitas ini, lanjut Achmad Pairin, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan bertekad meningkatkan penjaringan TBC sedini mungkin. Serta mengatasi dan menurunkan angka kesakitan akibat TBC. “Dinas Kesehatan akan kami dorong agar mendukung penuh komunitas ini. Sehat itu adalah kesehatan yang komplit dari jasmani dan rohani”, tambahnya.

Diketahui, penyakit Tuberculosis merupakan penyakit menular terbesar ke dua di dunia. Dan OEMAH TBC dan JOSSS TBC merupakan kegiatan andalan dari program Gerakan Eliminasi Masalah (GEMA) TBC yang sedang giatkan bersama dengan Komunitas Peduli TBC dan di dukung oleh Puskesmas Ganjaragung dan masyarakat setempat.

Sementara itu, Wisnu Wardhana, Ketua Komunitas Peduli TBC juga menjelaskan, awal mula berdirinya OEMAH TBC, adalah berangkat dari adanya rasa keprihatinan bersama dari adanya akibat penyakit TBC ini. “Dan ini murni berdiri dari swadaya masyarakat sekitar serta pihak-pihak dari Kelurahan maupun Puskesmas setempat”, jelasnya.

“Harapannya, dengan adanya OEMAH TBC ini, bakteri Mycoobacterium Tuberculosis bisa ditangani dengan cepat. Penyakit TBC bisa disembuhkan dan dicegah, masyarakat yang ingin berobat silakan saja datang ke OEMAH TBC ini”, pungkas Wisnu.

Usai peresmian, acara dilanjutkan dengan kegiatan Talk Show, yang mengangkat tema ‘Indonesia Bebas TBC Dimulai dari Saya’, yang di narasumberi oleh dr., Andreas, Sp.,P dan di moderatori oler dr., Andrew Wongkar, Sp., PD.

Untuk diketahui, keberadaan OEMAH TBC adalah untuk memberikan pelayanan bagi semua masyarakat Kota Metro yang terindikasi TBC, dengan jadwal pelayanan pada hari Selasa dan Kamis. Selain itu untuk informasi dan konsultasi juga disediakan fasilitas Call Center JOSSS TBC, yang siap dihubungi dalam 1×24 jam untuk hari Senin – Sabtu. (Ade)

Tinggalkan Komentar Anda