Ada Keluhan Tentang Infrastruktur dan Pelayanan Publik di Kota Metro ? Laporkan di Aplikasi Lapor Yai

39
Ada Keluhan Tentang Infrastruktur dan Pelayanan Publik di Kota Metro ? Laporkan di Aplikasi Lapor Yai
Tampilan Aplikasi Command Centre Lapor Yai. Foto : Net

Sebatin.com, Kota Metro – Saat ini, masyarakat Kota Metro tak perlu repot-repot lagi, jika ingin menyampaikan atau melaporkan berbagai macam keluhannya terkait permasalahan yang terjadi, baik dalam hal infrastruktur maupun pelayanan publik di Kota Metro. Pasalnya, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Pemerintah Kota (Pemkot) Metro telah meluncurkan sebuah Command Centre berbentuk aplikasi online yang bernama ‘Lapor Yai’.

“Command Center ini terdiri dari beberapa aplikasi. Pertama CCTV, lalu Telekonferensi, dan Lapor Yai. Ini lebih memudahkan dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat”, terang Kepala Diskominfo Kota Metro, Farida, saat me-Launching aplikasi Command Centre Lapor Yai, di Bappeda Metro, Selasa (26/2/19).

Ia juga menjelaskan, program ini akan disosialisasikan kembali kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa langsung menindaklanjuti dengan menyampaikan keluhannya melalui aplikasi tersebut. “Caranya download aplikasi Command Center ini di Play Store. Ada delapan item yang bisa dilaporkan warga, antaralain jalan berlubang, timbunan sampah, PKL berdagang di trotoar, hingga parkir liar”, ungkapnya.

“Setelah di download, sistem akan mengarahkan kita untuk mengisi biodata dengan mencantumkan e-KTP sebagai syarat utama. Setelah itu baru bisa digunakan. Sistem laporanya sederhana. Tinggal foto, upload, dan berikan keterangan pada foto atau yang dilaporkan. Nanti tim akan menerima dan meneruskan ke satuan kerja terkait. Jika dalam hitungan tiga jam tidak ada respon dari Satker terkait, Command Center akan menghubungi langsung Satker bersangkutan. Jadi nanti pasti ada jawaban atau solusi dari tiap laporan yang masuk”, papar Farida

Selanjutnya, Farida juga menyampaikan, untuk dapat lebih maksimalnya program ini berjalan, maka sangat diharapkan sebuah dukungan yang berkesinambungan dari pemerintah. Terlebih sejumlah sarana dan prasarana yang ada saat ini belum begitu memadai dan belum menggunakan alat yang canggih. “CCTV kita saat ini kan belum bisa memperbesar gambar yang ada. Kalau mimpi saya kedepan kita juga bisa berinteraksi langsung dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian. Mereka bisa mendapatkan tempat di Command Center ini, sehingga bisa langsung ditindaklanjuti jika ada pelanggaran”, tutupnya.

Ditambahkan oleh Kabid Informatika Diskominfo Kota Metro, Andi Setiono, bahwa dengan adanya Command Centre ini, segala aspirasi dan keluhan masyarakat akan semakin cepat tersampaikan dan tertangani. “Bahkan, warga luar Metro pun bisa melapor”, ujarnya.

“Jadi ini terbuka untuk umum. Siapa saja bisa melapor ke Lapor Yai. Warga luar pun bisa ketika dia berada di sini. Jadi ini seperti di Bandung dan Surabaya. Dan ini sebagai upaya untuk mewujudkan smart city di Metro”, pungkas Andi Setiono. (Rend)

Tinggalkan Komentar Anda