Ajukan Anggaran 1 Unit Mobil Damkar Baru, Komisi I DPRD Kota Metro Setuju

4
Ajukan-Anggaran-1-Unit-Mobil-Damkar-Baru,-Komisi-I-DPRD-Kota-Metro-Setuju
Suasana Hearing Komisi I DPRD KOta Metro dengan Satpol PP setempat, rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2019, di Gedung C DPRD setempat, Kamis (25/10/18).

Sebatin.com, Kota Metro – Komisi I DPRD Kota Metro menyetujui usulan pengadaan satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang disampaikan Satpol PP pada hearing rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2019 dengan Komisi I, di Gedung C DPRD setempat, Kamis (25/10/18).

Sinyal persetujuan tersebut diutaran Ketua Komisi I, Basuki yang menilai kebutuhan mobil Damkar sangat dibutuhkan untuk Kota Metro yang rawan akan bencana kebakaran. “Saat ini Kota Metro hanya memiliki tiga unit mobil Damkar yang sudah berusia senja. Dan berdasarkan pantauan kami, bencana kebakaran ini yang paling sering terjadi di Kota Metro. Karenanya, Komisi I sepakat tahun depan di APBD Murni atau Perubahan kita harus punya tambahan satu unit Mobil Damkar baru,” jelasnya.

Sementara Kasat Pol PP Kota Metro, Imron menerangkan, total anggaran yang diusulkan Satpol PP di 2019 sekitar Rp 6,6 miliar, jumlah anggaran tersebut bertambah dibanding tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 6 miliar.

“Kota Metro ini bencana kebakara yang paling sering terjadi. Ditambah saat ini Kota Metro hanya memiliki tiga unit damkar yang usianya sudah tua. Anggaran itu juga untuk biaya perawatan mobil Damkar yang sudah ada,” bebernya usai rapat dengar pendapat dengan Komisi I.

Lanjutnya, anggaran yang diusulkan juga akan digunakan untuk membayar tunjangan pejabat fungsional di Satpol PP. Dimana saat ini dari 85 orang yang lulus ujian kopetensi, 79 orang yang lulus telah bersedia menjadi pejabat fungsional. “Jadi tugas pejabat fungsional ini akan turun ke lapangan bahkan untuk menjaga sekolah-sekolah. Karena itu bentuk kerja mereka untuk mendapatkan tunjangan. Dan itu salah satu inovasi Satpol PP Kota Metro di tahun depan,” tambahnya.

Kemudian, karena tahun politik, pihak Satpol PP tentunya juga harus ikut serta dalam hal pengamanan, diantaranya penertiban atribut dan pengamanan. Tahun depan juga Satpol PP ingin lebih memberikan perhatian kepada 220 Linmas di 22 keluarahan dengan meningkatkan insentif mereka dari Rp 50 ribu menjadi Rp 100 ribu.

“Sejauh ini usulan anggaran Satpol PP tahun depan direspon baik oleh Komisi I. Bahkan Komisi I meminta agar usulan anggaran ini ditingkatkan lagi menjadi Rp 6,9 miliar agar Satpol PP bisa lebih memantau ketertiban dan kenyamanan Kota Metro,” tutupnya.

(Adv)

Tinggalkan Komentar Anda