Alami Kerusakan Parah, SD Negeri 3 Bumimas Batanghari Lampung Timur Butuh Bantuan

356
Alami Kerusakan Parah, SD Negeri 3 Bumimas Batanghari Lampung Timur Butuh Bantuan
Anggota DPR-RI dan DPRD Kabupaten Lampung Timur saat meninjau SD Negeri 3 Bumimas Batanghari Lampung Timur, Rabu (8/3/2017). Foto: Red

Sebatin.com, Lampung Timur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur dinilai belum optimal dalam meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari kondisi Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Bumimas Kecamatan Batanghari, di mana dari pantauan Sebatin.com pada Rabu (8/3/2017) terlihat kondisi bangunan sekolah yang nampak tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar.

Saat dikonfirmasi, Kepala Sekolah SDN 3 Bumimas Kecamatan Batanghari Sumardi mengatakan, sejak dirinya dipercaya menjadi Kepala Sekolah mulai 2014 lalu, pihaknya sudah mengusulkan untuk rehab total gedung sekolah tersebut, namun hingga kini belum ada kejelasan dari dinas terkait.

“Kami sudah mengusulkan sejak 2014 yang lalu mas, namun sampai sekarang belum ada hasilnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bangunan sekolah yang telah berdiri sejak tahun 1980 tersebut, saat ini jumlah siswanya mengalami penurunan. Sedikitnya jumlah murid tersebut disebabkan karena kondisi gedung sekolah yang dinilai cukup mengkhawatirkan untuk kegiatan belajar mengajar. Sampai 2017 ini, tercatat hanya 50 siswa lebih yang masih bertahan, padahal sekolah ini merupakan sekolah yang jarak tempuhnya sangat mudah bagi siswa.

Ia berharap, dengan kehadiran Anggota DPR-RI dan DPRD Kabupaten Lampung Timur ini, akan membawa angin segar bagi sekolah SDN 3 Bumimas, Kecamatan Batanghari, Lampung Timur.

Sementara itu, menurut Anggota Komisi III DPRD Lampung Timur Suciptanto saat melakukan peninjauan mengatakan, sangat prihatin melihat kondisi sekolah tersebut.

“Miris mas, kok masih ada sekolah di Lampung Timur sampai seperti ini, padahal alokasi dana untuk menunjang pendidikan dari APBD Kabupaten Lampung Timur cukup lumayan, yaitu mencapai 20 persen lebih untuk membangun pendidikan di Lampung Timur,” katanya.

Ia juga menyayangkan sikap Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Timur yang seakan tutup mata dengan kondisi seperti ini.

“Kerusakan SDN 3 Bumimas Kecamatan Batanghari ini hanya satu contoh sekolah yang kita ambil sebagai perbandingan, kondisi serupa juga terjadi di beberapa kecamatan se-Lampung Timur,” ungkapnya.

Suciptanto berharap, pihak pemerintah, terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur harus bisa memilih sekolah yang akan mendapat bantuan, baik itu rehab sedang maupun rehab berat, sehingga kejadian sekolah rusak parah seperti ini tidak ada lagi di Bumei Tuah Bepadan. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda