Angka Pengangguran Lampung Menurun, Pemprov Tingkatkan Sinergi dengan BPS

51
Sekretaris Daerah Porvinsi (Sekdaprov) setempat, Sutono saat menerima kunjungan kerja Kepala BPS Provinsi Lampung, Yeane Irmaningrum serta jajarannya di ruang kerja Sekda, Rabu (27/12). Foto : Red

Sebatin.com, Bandar Lampung – Jumlah pengangguran di Provisi Lampung terus mengalami penurunan yang siginifikan. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), pengangguran di Provinsi Lampung menurun dari angka 4,43 persen pada bulan Februari menjadi 4,33 persen di Bulan Agustus. Tahun 2017 jumlah tersebut turun 0,29 poin dari tahun 2016 periode yang sama, yakni Agustus yang jumlahnya sebesar 4,62 persen.

Untuk itu, guna menyelaraskan dengan 10 Program Prioritas Nasional, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung memningkatkan koordinasi dan senergitas dengan BPS. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Porvinsi (Sekdaprov) setempat, Sutono saat menerima kunjungan kerja Kepala BPS Provinsi Lampung, Yeane Irmaningrum serta jajarannya di ruang kerja Sekda, Rabu (27/12)

Sinergi BPS dan Pemprov, kata Sutono sangat membantu dalam menganalisis dan memberikan pemecahan persoalan pengangguran dan prioritas program nasional.

“Pemprov Lampung siap menyediakan mata anggaran tertentu untuk mendukung Program – Program Prioritas BPS, terutama yang berkaitan dengan Pengembangan dunia usaha pariwisata dan ketahanan pangan,” kata Sutono.

Ia juga berharap koordinasi dengan BPS mampu menciptakan pembangunan penanggulangan kemiskinan semakin terarah, dimana pada Agustus 2017 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) nasional masih ada sebesar 5,50 persen. Selain itu, Pembangunan dapat dilaksanakan sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing wilayah yang ada di Provinsi Lampung.

Pada tahun 2018 Pemerintah Provinsi Lampung juga telah menganggarkan untuk mendukung BPS Provinsi Lampung yang akan menjadi tuan rumah Konsultasi Regional PDRB 2018. Kegaiatan tersebut diharapkan dapat memberikan masukan berharga dalam mengantisipasi persoalan pengangguran.

Sementara itu, dalam catatan BPS, nilai ekspor Provinsi Lampung pada bulan November 2017 lebih tinggi dari impor. Dengan kata lain neraca perdagangan luar negeri Provinsi yang menjadi pintu masuk Sumatera ini mengalami surplus, yaitu sebesar US$32,61 juta. Pada tahun 2018 BPS provinsi Lampung direncanakan akan menyelenggarakan Survey Pertanian antar sensus.

Penulis   : Ibnu
Sumber : Humas
Editor    : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda