Antara Pekerjaan dan Prestasi

248
Antara Pekerjaan dan Prestasi
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Bekerja, kata yang erat kaitannya dengan uang. Sebab, hal yang paling mendasar yang dicari dari bekerja adalah uang. Sehingga, tak heran bila setiap orang yang berbicara mengenai pekerjaan maka hampir bisa dikatakan selalu berbicara mengenai uang pula.

Namun, pada hakikatnya bekerja bukanlah hanya untuk uang. Tapi banyak faktor yang dicari di sana. Di antaranya adalah kenyamanan, kesesuaian dengan jiwa (passion), prestasi, dan lainnya.

Percayalah, setelah kita bekerja di waktu yang cukup lama atau bahkan cukup beberapa bulan, kita akan memikirkan apakah bekerja hanya untuk mencari uang. Lalu uang tersebut kita gunakan untuk keperluan hidup. Kemudian habis. Dan kembali lagi ke awal.

Tidak. Sebagaimana kebutuhan dan nafsu manusia yang selalu menuntut lebih, kita pasti menginginkan prestasi dari pekerjaan yang telah kita tekuni tersebut. Hanya saja terkadang kita tak menyadarinya, tak mengerti, atau bahkan tak tahu sama sekali akan hal ini. Sehingga kita diam saja dan menjalani hidup bagai air yang mengalir. Menurut saja, tanpa melakukan suatu perubahan.

Sejatinya orang-orang di Barat sebelum mulai bekerja, maka mereka terlebih dahulu mempertimbangkan banyak hal. Prestasi adalah salah satunya. Kebanyakan pekerjaan yang mendatangkan prestasi adalah pekerjaan yang menghasilkan sebuah karya. Contohnya, penulis, pelukis, arsitek, ilmuan, musisi, dan lainnya. Sebab saat mereka meninggal dunia, maka karya-karya mereka tetap bisa dinikmati dalam kurun waktu tertentu.

“Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” Paramoedya Ananta Toer

Mari temukan pekerjaan yang sesuai dengan diri kita. Bila memang kita menginginkan suatu pekerjaan yang bisa mendatangkan prestasi sehingga dikenal lebih luas, maka temukan pekerjaan itu. Atau, kita bisa menjadikan salah satu dari beberapa pekerjaan di atas sebagai hobi atau mungkin pekerjaan sampingan. Selain menyenangkan, mendatangkan uang, pun bisa menjadikan nama kita dikenal hingga abadi. (Al Hadeed)

Tinggalkan Komentar Anda