Antisipasi Kemajuan Zaman, Racana IAIN Metro Bersama Pusdiklatcab Sai Wawai Kwarcab Kota Metro Gelar KMD Se-Lampung

70
Antisipasi-Kemajuan-Zaman,-Racana-IAIN-Metro-Bersama-Pusdiklatcab-Sai-Wawai-Kwarcab-Kota-Metro-Gelar-KMD-Se-Lampung-01
Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, se-Lampung, di Gedung IAIN Metro, Sabtu (13/07/2018) kemarin.

Sebatin.com, Kota Metro – Guna menghadapi tantangan zaman yang terus semakin berkembang, dirasakan perlu adanya sebuah pelatihan/kursus bagi setiap Pembina Gerakan Pramuka ditingkat gugus depan. Oleh karena itu Racana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro bekerjasama dengan Pusat Pendidikan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Gerakan Pramuka Sai Wawai Kota Metro menggelar kegiatan kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar, yang pembukaannya di laksanakan di gedung IAIN Metro, Sabtu (13/07/2018) kemarin.

Dalam sambutan Ketua Gugus Depan IAIN Metro, yang dibacakan oleh Pembina Racana Putri Kandang Rarang Pangkalan IAIN Metro, Sri Abdri Astuti, disampaikan, Kursus Mahir Dasar (KMD) merupkan salah satu sarana pendidikan bagi para pembina pramuka untuk dapat membina satuan baik dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. “Ini sangat penting. Dan ini juga semakin diperkuat, oleh adanya kurikulum pendidikan nasional, yang mewajibkan adanya mata kuliah pendidikan pramuka di setiap jenjang pendidikan, dan disetiap lembaga penyelenggara pendidikan di lndonesia”, ujarnya,

Sementara itu, Sekertaris Gerakan Pramuka Cabang Kota Metro, Suwarno, mewakili sambutan Ka-Kwarcab Kota Metro, Anna Morinda, menyampaikan apresiasinya kepada Racana IAIN Metro, yang dalam setiap tahun secara rutin, dan konsisten menggelar kegiatan KMD. “Hal ini tentunya, akan dapat memberikan kontribusi antara Kwarcab Kota Metro dengan IAIN Metro”, ujarnya.

Antisipasi-Kemajuan-Zaman,-Racana-IAIN-Metro-Bersama-Pusdiklatcab-Sai-Wawai-Kwarcab-Kota-Metro-Gelar-KMD-Se-Lampung-02
Sekretaris Gerakan Pramuka Cabang Kota Metro, Suwarno mewakili KaKwarcab Kota Metro, menyerahkan Bendera Pataka gerakan Pramuka, sebagai simbolis penyerahan Peserta KMD, kepada Ketua Pelaksana Kegiatan Racana IAIN Metro.

“Dan diharapkan, kepada para pembina gerakan pramuka yang ikut dalam kegiatan ini, dapat menyimak segala materi yang diberikan. Sehingga kedepan, dapat mengaplikasikannya dalam membina peserta didik di seluruh gugus depan”, kata Suwarno.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Kegiatan KMD IAIN Metro, Nugroho, saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban kegiatan, mengatakan, pelaksanaan kegiatan KMD dilaksanakan, dengan maksud dan tujuan guna lebih memberikan pengetahuan sikap dan keterampilan bagi para pembina pramuka, di gugus depan. “Untuk selanjutnya, dapat dilanjutkan oleh para pembina gerakan pramuka, kepada gugus depannya masing-masing”, terangnya.

“Dalam kegiatan yang akan berjalan selama tujuh (7) hari ini, yaitu dari tanggal 13-19 Juli, ada 106 peserta yang mendaftar, diantaranya berasal dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Metro, Lampung Timur, Lampung Barat, Mesuji dan Oku Timur”, papar Nugroho.

Usai sambutan, Sekretaris Gerakan Pramuka Cabang Kota Metro, Suwarno secara langsung melaksanakan penyerahan para peserta KMD kepada Ketua Penyelenggara Kegiatan, yang dilakukan secara simbolis dengan menyerahkan Bendera Pataka Gerakan Pramuka Kota Metro.

(Munif)

Tinggalkan Komentar Anda