Antisipasi Pembelian Bangku Sekolah Pada Penerimaan Siswa Baru, Disdikbud Lampung Siapkan Sistem Online

299
Antisipasi Pembelian Bangku Sekolah Pada Penerimaan Siswa Baru, Disdikbud Lampung Siapkan Sistem Online
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M. Foto: Ist

Sebatin.com, Bandar Lampung – Guna mengantisipasi praktik “jual beli bangku” di sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung dalam persiapan penerimaan siswa/i TA 2017/2018 akan lakukan sistem online dan sejak Januari 2017 pengelolaan SMA dan SMK telah diambil alih oleh Pemerintah Provinsi.

“Pelaksanaan dan pengawasan langsung, sejak Januari 2017. SMA dan SMK tata kelolanya dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi Lampung, dalam hal ini Dinas Pendidikan,” ucap Sulpakar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

Lebih lanjut Sulpakar menjelaskan, bahwa untuk menanggulangi kasus-kasus pembelian bangku di sekolah-sekolah, penerimaan siswa baru di Lampung akan menggunakan sistem online, dengan daerah percobaan awal adalah Kota Bandar Lampung.

“Untuk penerimaan siswa baru pada hari ini (Jumat, 12/05/2017) akan dilaksanakan rapat di SMA 2 Bandar Lampung, dan khusus untuk Bandar Lampung kita gunakan sistem pendaftaran online,” ungkap Drs. Sulpakar, M.M.

Saat ditanya antisipasi dan penanggulangan lebih lanjut terkait adanya pembelian bangku yang kerap kali terjadi di sekolah-sekolah favorit di daerah-daerah, Mantan Pj. Wali Kota Bandar Lampung ini mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan dan merapatkan seluruh unsur dalam pendidikan di Lampung.

“Tidak ada istilah itu lagi (pembelian bangku), karena kita mulai gunakan sistim online, jadi kita mulai rapatkan,” tutupnya yang terburu-buru untuk mengejar waktu sholat Jumat.

(Reza)

Tinggalkan Komentar Anda