Awas, Beberapa Hal Sepele Ini Membahayakan Anda Bermain Facebook

2818
Facebook. Sumber : Ist

Sebatin.com, Kota Metro – Siapa sih yang tak kenal dengan Media Sosial Facebook saat ini. Jejaring Sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg itu memiliki pengguna hampir mencapai angka 2 Miliar di seluruh dunia. Indonesia sendiri menjadi Negara dengan peringkat ke 4 terbanyak pengguna, yang berjumlah 115 juta orang.

Facebook memang memudahkan kita untuk bisa berinteraksi dengan banyak orang di internet. Tetapi, mau tidak mau, aktivitas bermain Facebook juga menimbulkan dampak resiko bagi kita. Mengutip dari laman Liputan6.com tanggal 6 Juni 2016), ada beberapa saran agar anda menghapus beberapa informasi dari akun Facebook. Berikut diantaranya.

Nomor Telepon
Anda disarankan untuk merahasiakan atau tidak menampilkan nomer telepon pada profil Facebook Anda. Karena, hal itu bisa menjadi sasaran orang yang tidak bertanggung jawab pada diri anda.

Tanggal Lahir
Dengan memasang tanggal lahir anda di laman Facebook, bisa menjadi pintu bagi para penjahat cyber untuk mengetahui informasi finansial anda, seperti rekening Bank. Oleh sebab itu, jika tidak ingin uang anda melayang, sebaiknya tidak usah memajang tanggal lahir di Facebook.

Berteman dengan Orang-orang Terdekat
Seorang pengguna Facebook dikatakan oleh Profesor psikologi dari Oxford Robin Dunbar hanya bisa berinteraksi dengan 150 orang saja. Dari 3.375 pengguna Facebook yang dirujuk, sebagian besar teman di Facebook bukan teman dekat mereka.

Selain itu, yang mempunyai hubungan saling membutuhkan hanya 4,1 persen saja. Ketika anda dirundung masalah, yang merasa simpati hanya 13,6 persen. Karena itu, pastikan Anda hanya berteman di Facebook dengan teman-teman yang Anda kenal baik sekaligus Anda percayai.

Status Hubungan
Anda tidak mau kan, kalau tiba-tiba beranda Facebook anda penuh dengan iklan gaun pengantin ? Itu menjadi salah satu hal yang mengganggu ketika status hubungan Anda diumbar di Facebook.

Infomasi Kartu Kredit
Jangan pernah Anda tampilkan informasi mengenai kartu kredit Anda di Facebook apa pun alasannya.

Pekerjaan dan Atasan Anda
Pertemanan anda dengan atasan anda di pekerjaan, bukan hal yang terlalu baik jika disalurkan di Facebook. Karena ketika mereka melihat aktivitas yang Anda lakukan, seperti kekonyolan yang anda unggah, akan sangat memalukan bagi Anda. Sarannya, gunakan Facebook secara santai dan bebas dari pekerjaan.

Berhenti Unggah Lokasi Anda
Terkadang kita agar terlihat eksis adalah dengan mengunggah lokasi anda ke Facebook. Misal, saat anda sedang Hangout dengan teman-teman Anda di sebuah Restoran mewah, atau yang lainnya.

Kalau Anda salah satu yang begitu, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Sebab, sadar atau tidak, kebiasaan tersebut bisa membuat orang lain yang ingin berbuat jahat pada Anda, Anda akan mudah ditemukan dengan hanya sekedar buka Facebook.

Jangan Unggah Tempat dan Waktu Liburan Anda
Anda juga disarankan untuk tidak mengunggah lokasi dan waktu saat Anda sedang berlibur, kecuali sudah sampai di rumah. Karena, tidak menutup kemungkinan, seseorang yang berniat buruk pada rumah anda, justru menjadi peluang saat Anda diketahui tidak di rumah.

Jangan Unggah Foto Anda atau Anggota Keluarga
Sebagian dari pengguna Facebook yang sudah mempunyai anak, suka mengunggah Foto anak mereka. Atau, para pengguna Facebook yang suka mengunggah foto keluarganya. Padahal, jika Anda berteman dengan banyak orang yang tak begitu Anda kenal, mengunggah foto sang anak bisa sangat membahayakan keselamatan mereka.

Jangan Unggah Alamat Sekolah Anak
Serupa dengan informasi di atas, jangan pernah unggah informasi kegiatan yang sedang dilakukan anak-anak Anda di Facebook. Hal ini juga bisa membahayakan mereka, sebab bisa saja ada orang yang hendak berbuat jahat memanfaatkan lokasi anak Anda.

Itu beberapa saran bagi pengguna Facebook, seperti yang dikutip dari laman Liputan6.com.

Sumber            : Liputan6
Editor              : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda