Ayo Kenali Ciri-Ciri Kartu BPJS Palsu

534
Ayo Kenali Ciri-Ciri Kartu BPJS Palsu
Ayo Kenali Ciri-Ciri Kartu BPJS Palsu. (Ilustrasi)

Sebatin.com – Akhir-akhir ini di beberapa daerah di Indonesia digemparkan dengan penemuan kartu BPJS palsu. Dengan tertangkapnya tersangka pembuatan kartu BPJS palsu di provinsi Bandung, membuat para pemegang kartu BPJS menjadi risau dengan keaslian kartu yang dimilikinya.

Untuk itu mari kita mulai mengenali bagaimana ciri-ciri fisik pada kartu BPJS palsu tersebut. Berikut 4 ciri-ciri kartu BPJS palsu yang Sebatin.com rangkum dari beberapa situs:

  1. Pada kartu BPJS perorangan palsu terlihat polos, sedangkan untuk kartu BPJS asli terdapat gambar pulau-pulau Indonesia.
  2. Hasil cetak kartu BPJS palsu terlihat buram dan tidak rapih. Jika dilihat lebih jeli, pola-pola pada kartu palsu terlihat pecah dan buram. Berbeda dari yang asli, cetakan pada kartu sangat terang dan jelas.
  3. Kartu BPJS palsu terdapat hingga 8 aturan tertulis dan selalu disisipkan kata e-ID. Sedangkan yang asli hanya menyisipkan 3 syarat dan ketentuan pada bagian belakang kartu.
  4. Garis barcode pada kartu BPJS palsu tidak terlihat dengan jelas, garis-garis barcode tidak rapih, buram serta berantakan. Sangat berbeda dari kartu BPJS asli, barcode terlihat jelas dan rapih.

Selain menemukan 4 ciri khas pada kartu BPJS palsu, pihak BPJS juga meluncurkan aplikasi mobile “BPJS Kesehatan Mobile” yang juga memiliki fitur untuk menverifikasi ID pada kartu BPJS yang dipegang. Atau, bisa langsung menghubungi call center BPJS di nomor 1500400, peserta cukup menyebutkan nomor ID kartu untuk mengecek keaslian kartu yang dimiliki. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda