Bakamla RI Berhasil Selamatkan ABK dan Penumpang Kapal KM Tawindo II dari Kebakaran

278
Bakamla RI Berhasil Selamatkan ABK dan Penumpang Kapal KM Tawindo II dari Kebakaran
Kapal penumpang bernama KM Tawaindo II yang mengalami kebakaran, pada saat melakukan perjalanan melintasi Perairan Tanjung Ahus (Karang Banda) dengan rute Tawau menuju Tarakan, Sabtu (30/6/ 2017). Foto : Humas Bakamla RI

Sebatin.com, Tanjung Ahus – Kapal Angkatan Laut (KAL) Bokori berhasil mengupayakan tindakan Search And Rescue (SAR) terhadap kapal penumpang bernama KM Tawaindo II yang mengalami kebakaran, pada saat melakukan perjalanan melintasi Perairan Tanjung Ahus (Karang Banda) dengan rute Tawau menuju Tarakan, Sabtu (30/6/ 2017).

KAL Bokori, dikomandani oleh Letda Laut (P) Aris Yuwono berhasil mengevakuasi seluruh Anak Buah Kapal (ABK) beserta 80 orang penumpangnya ke dalam KM Dua Putra .

Berdasarkan informasi yang di dapat Sebatin.com melalui Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Marinir Mardiono menjelaskan, bahwa tindakan SAR segera dapat dilaksanakan oleh Bakamla RI berkat adanya kerjasama dari crew kapal penumpang KM Tawaindo II yang dinakhkodai oleh Mansur, dengan sigap segera menghubungi dan meminta bantuan dari Nunukan maupun Tarakan.

“Pada saat itu Lantamal XIII Tarakan yang menerima informasi tersebut dan segera dilanjutkan menghubungi KAL Bokori yang pada saat itu posisinya sedang melaksanakan operasi rutin Bakamla RI. KAL Bokori tiba di lokasi tepat pukul 16.00 WITA, dan berhasil melaksanakan evakuasi terhadap seluruh ABK dan penumpang ke KM Dua Putra dalam keadaan selamat. Kebakaran itu sendiri terjadi sekitar pukul 13.15 WITA, pada saat itu si jago merah melalap mesin induk sebelah kiri, mengetahui hal itu para ABK kapal segera melakukan lego jangkar dan upaya pemadaman”, terangnya.

Akibat kejadian tersebut, kondisi mesin kapal mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan. Selanjutnya para awak kapal dan penumpang dievakuasi menggunakan KM Dua Putra untuk melanjutkan perjalanan menuju Tarakan.

(Rls. Bakamla RI / Kasubbag Humas Kapten Marinir Mardiono)

Tinggalkan Komentar Anda