Bakamla RI Sempurnakan Penelitian dan Pengembangan Bidang Keamanan dan Keselamatan Laut

191
Bakamla RI Sempurnakan Penelitian dan Pengembangan Bidang Keamanan dan Keselamatan Laut
Plt Dir Litbang Kombes Pol Drs., E., Brata Mandala, saat memimpin langsung Diklat Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla-RI), terkait pembahasan tiga penelitian, di Hotel Aston-Anyer, Serang, Banten, Jumat (11/8/2017). Foto : Humas Bakamla RI

Sebatin.com, Banten – Dalam rangka penyempurnaan kegiatan penelitian dan pengembangan (Litbang) Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla-RI), Direktorat Litbang Bakamla RI melaksanakan pembahasan terkait dengan adanya tiga penelitian, di Hotel Aston-Anyer, Serang, Banten, Jumat (11/8/2017).

Dalam sambutannya, Plt Dir Litbang Kombes Pol Drs., E., Brata Mandala, menyampaikan pesan Deputi Kebijakan dan Strategi Brigjen Pol Arifin, M.H., yaitu agar pembahasan terkait ketiga penelitian dapat dikerjakan seoptimal mungkin, sehingga hasilnya secara strategis dapat digunakan untuk kemajuan Bakamla RI.

Lebih lanjut, Brata Mandala juga mereview kembali terkait paparan tentang pengelolaan keamanan dan keselamatan laut terintegrasi melalui sinergitas antar intansi terkait, yang pernah disampaikan oleh Plt Sestama Bakamla RI, Marsekal Pertama TNI Demitrius Widiantoro. Merujuk pada hal itu, Brata Mandala juga menekankan kembali tentang pentingnya koordinasi intensif antara Litbang dengan satuan kerja lainnya, khususnya bidang perencanaan, sehingga hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan dapat digunakan secara strategis untuk kemajuan Bakamla RI.

Dalam rapat kerja teknis itu, dibahas pula tiga judul penelitian tersebut, diantaranya yaitu, Penerapan Training Need Analysis (TNA) guna Meningkatkan Profesionalisme Personil Dalam Rangka Optimalisasi Sumber Daya Bakamla, Membangun Kepercayaan Publik Melalui Sarana Multimedia Dalam Rangka Optimalisasi Tugas dan Fungsi Bakamla, dan selanjutnya Indeks Pengukuran Keamanan dan Keselamatan Laut Nasional.

Secara garis besar, pada rapat tersebut dibahas tentang progres atau perkembangan dari pengumpulan data yang telah dilakukan sebelumnya, baik melalui konsinyering maupun studi banding. Konsinyering dalam rangka mendapatkan data dan informasi dari nara sumber sesuai kompetensinya. Sedangkan studi banding dilakukan ke beberapa instansi atau organisasi terkait penelitian untuk menjadi dasar referensi penelitian yang dapat diimplementasikan untuk kemajuan Bakamla RI.

(Rls. Kapten Marinir Mardiono)

Tinggalkan Komentar Anda