Bangun Generasi Technopreneur, Mustafa Ajak Mahasiswa Melek Teknologi

75
Bupati Lampung Tengah, DR. Ir. Mustafa bangun generasi technopreneur dengan mengajak mahasiswa melek teknologi saat mengisi kuliah umum di Kampus Umitra Lampung, Jumat, (8/12). Foto : Istimewa

Sebatin.com, Bandar Lampung – Menghadapi pesatnya perkembangan teknologi saat ini, sudah menjadi kebutuhan dan kewajiban bagi masyarakat untuk melek teknologi. Hal ini diungkapkan Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa saat mengisi kuliah umum di Kampus Umitra Lampung, Jumat, (8/12).

Kepada mahasiswa, Mustafa menyatakan, ada banyak peluang yang lahir dari perkembangan teknologi. Karenanya ia mendorong mahasiswa untuk menyiapkan diri menjadi generasi technopreneurship.

Technopreneur, lanjutnya, merupakan orang yang mampu menangkap peluang wirausaha dalam bidang teknologi. Oleh sebab itu, anak muda harus mampu berinovasi mengerjakan sesuatu mengikuti kemajuan-kemajuan yang sedang berlangsung.

Mustafa mendorong mahasiswa untuk menyiapkan diri menjadi generasi technopreneurship. Foto : Istimewa

“Teknologi berkembang sangat pesat. Tanpa upaya mengimbanginya, kita akan tertinggal jauh dari negara-negara lain. Di era saat ini, masyarakat tidak hanya wajib melek teknologi, tapi juga wajib mempersiapkan diri menjadi generasi technopreneur,” ujarnya.

Melihat peluang digitalisasi, Mustafa pun mengajak mahasiswa sensitif dalam mencari peluang baru yang belum diketahui pasar luas, dan berpotensi untuk mendatangkan profit.

“Bisa kita lihat betapa banyak kesuksesan yang diraih dari memanfaatkan teknologi. Ojek online, taksi online, jual beli online dan berbagai usaha lainnya yang lahir dari teknologi. Jika kita menjadi penonton, kita tidak akan pernah menjadi apa-apa,” imbuh Mustafa.

Di Lampung Tengah sendiri, kata Mustafa, penerapan teknologi diimplementasi hingga level kampung melalui program smart netizen. Program ini dicanangkan untuk membantu dan mempermudah pemerintah dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang cepat, tepat dan akurat.

“Penerapan IT sudah menyentuh semua lini, tentunya ini menjadi gambaran betapa teknologi sangat dibutuhkan. Sekaligus gambaran bahwa teknologi peluang. Tidak bisa tidak, kita harus menguasai teknologi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Umitra, Andi Surya dalam sambutannya berharap ilmu yang diberikan Bupati Lampung Tengah bisa menginspirasi mahasiswa untuk lebih baik lagi, khususnya dalam menghadapi persiapan di era teknologi saat ini.

“Beliau adalah pemimpin muda yang secara pengalaman dan keilmuan layak kita teladani. Saya harap mahasiswa bisa belajar dari sosok beliau yang energic, visioner dan semangat pada perubahan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama pendidikan antara perguruan tinggi Umitra dan Pemkab Lampung Tengah.

(Red)
Editor : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda