Bappeda Kota Metro Gelar Acara Puncak Teknologi Tepat Guna (TTG) 2016 “Inovasi Untuk Metro Lebih Baik”

995

Video Sebatin.com – Guna menunjang pengembangan wilayah melalui penemuan teknologi dan inovasi yang berbasis pada potensi daerah, serta menumbuh kembangkan ide-ide kreatif dan inovatif demi memasyarakatkan inovasi dalam teknologi dan menumbuhkan budaya enterprenuer di kalangan masyarakat, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Metro melaksanakan acara puncak Gelar Teknologi Tepat Guna 2016 dengan tema “Inovasi Untuk Metro Lebih Baik” di halaman Pemda Kota Metro pada Kamis 29 September 2016 kemarin.

Hadir dalam acara ini Wali Kota Metro Achmad Pairin didampingi oleh Sekda Kota Metro Ishak beserta para assistennya dan beberapa jajaran SKPD terkait, hadir pula Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda.

Dalam acara puncak ini diserahkan hadiah berupa trophy, piagam, serta uang pembinaan kepada masing-masing pemenang yang dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori umum dan kategori pelajar. Para pemenang tersebut adalah hasil penyaringan tim juri dari 22 peserta lomba yang tahap seleksinya telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 lalu.

Pada Kategori Pelajar, Juara I dan II berhasil diraih oleh SMK Negeri 3 Metro dengan materi “Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Sebagai Pengganti Uyah Bleng” dan “Pemanfaatan Buah Mengkudu Sebagai Cairan Akumulator Ramah Lingkungan”, pada posisi Juara III berhasil diraih oleh SMA Negeri 1 Metro dengan materi “Pemanfaatan Bahan-Bahan Organik Sebagai Alternatif Pembuatan Hand Wash”.

Sedangkan pada Kategori Umum, Juara I berhasil diraih oleh Agung Hidayat seorang mahasiswa dengan materi “Zat Pengatur Tumbuh Tanaman Berbahan Dasar Organik Yang Ramah Lingkungan”, Juara II berhasil diraih oleh Satrio Kuncoro seorang PNS dengan materi “Evaluasi Diri Sekolah Menggunakan Software Guna Melihat Secara Cepat Kwalitas Sebuah Lembaga Pendidikan di Kota Metro”, untuk Juara III berhasil diraih oleh Dian Wahyu Ningsih seorang Mahasiswi dengan materi “Potensi Tanaman Lokal Sebagai Pestisida Nabati Terhadap Pengendalian Nyamuk Demam Berdarah”.

Usai sambutan Wali Kota Metro beserta para jajarannya menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan para pemenang sambil melihat dan mencoba secara langsung hasil kreativitas para pemenang.

Kepada para pemenang Wali Kota Metro berharap apa yang sudah dihasilkan kiranya dapat benar-benar mampu meningkatkan perbaikan kualitas kehidupan baik dari aspek sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup hingga dapat menumbuhkan nilai komersial, efisiensi, mutu produk, dan produktivitas yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing dalam usaha.

Kedepannya para pemenang lomba Teknologi Tepat Guna 2016 Kota Metro tersebut, secara acak akan dipilih untuk menjadi perwakilan Pemerintah Kota Metro dalam ajang lomba Teknologi Tepat Guna tingkat Nasional di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat yang rencananya akan di gelar pada akhir bulan November 2016 nanti. (Ade Embun )

Tinggalkan Komentar Anda