Bawaslu Metro Kantongi Alat Bukti Kendaraan Pengangkut Distribusi APK Liar Yang Terpasang di Metro Selatan

42
Bawaslu-Metro-Kantongi-Alat-Bukti-Kendaraan-Pengangkut-Distribusi-APK-Liar-Yang-Terpasang-di-Metro-Selatan
Anggota Sat Pol PP Kota Metro di bantu Tim Koalisi Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin dan Bawaslu Kota Metro, saat melaksakan pembersihan APK liar di Metro Selatan, Senin (19/11/18).

Sebatin.com, Kota Metro – Bawaslu Kota Metro dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) setempat, menurunkan ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa poster Capres-Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin, Senin (19/11/18). Poster berukuran 40×60 itu tersebar di seputaran wilayah Kecamatan Metro Pusat, Metro Utara, dan Metro Selatan.

Divisi PHL Bawaslu Metro, Hendro Edi Saputro menerangkan, sebanyak 795 APK telah diturunkan pihaknya bersama Satpol PP dan Tim Koalisi Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin. Ada dua gambar yang terpampang pada poster tersebut, pertama bergambar Capres Joko Widodo beserta logo PDIP. Kemudian gambar capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Ketahuanya saat teman-teman Panwascam Metro Pusat, Metro Utara, dan Selatan berangkat ke kantor sekitar pukul 08.00 WIB. Kemudian mereka lapor ke Bawaslu, kami koordinasi dengan Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Anna Morinda, beliau pun memastikan bahwa yang memasang itu bukan tim koalisi dan siap bertanggungjawab untuk pencopotan,” jelasnya di Kantor Bawaslu, Senin (19/11/18).

Ia menjelaskan, letak kesalahan dari pemasangan poster tersebut adalah melanggar Perda karena di pasang di pohon, juga melanggar zonasi pemasangan APK yang sudah disepakati. “Pemasanganya juga menggunakan tali kawat dan paku di pohon,” tambahnya.

Setelah penuruan APK, Bawaslu akan melakukan penelusuran pelaku pemasangan poster tersebut. Seperti meminta keterangan TKD, dan dari keterangan tersebut akan dikembangkan.

“Karena besok libur, kami akan memanggil tim koalisi Rabu (21/11/18). Kapan saja APK yang sudah kami turunkan bisa di ambil di Kantor Bawaslu Metro dengan menyertakan bukti kepemilikan. Kami pastikan APK tidak rusak,” kata dia.

Sementara dari hasil pantauan Panwascam Metro Selatan, pemasangan Poster Jokowi di Kecamatan Metro Selatan dilakukan oleh tujuh orang menggunakan mobil pick up Colt T nomor polisi BE 9093 R, Senin (19/11/2018) sekitar pukul 12.30 WIB. (Embun)

Tinggalkan Komentar Anda