Beberapa Minimarket Di Kota Metro Sudah Beroperasi, Walau Belum Kantongi Izin Resmi

908
Beberapa Minimarket Di Kota Metro Sudah Beroperasi, Walau Belum Kantongi Izin Resmi.
Mini Market Di Kota Metro

Sebatin.com – Kepada para pelaku usaha di Kota Metro, khususnya mini market, yang belum mengantongi izin usaha, Sekertaris Kota (Sekkot) Ishak, menegaskan untuk tidak beroperasi. Menyusul belum rampungnya kajian moratorium mini market usulan DPRD oleh Pemkot Metro.

“Saya minta para pelaku usaha bisa bijak menyikapi peraturan yang masih kita kaji ini. Jangan sampai nanti ditertibkan Satpol PP,” tegasnya dihadapan para media.

Usulan DPRD mengenai pembatasan pembangunan mini market di Kota Metro, Asisten II Khaidarmansyah mengaku sedang dalam tahap pengkajian beberapa aspek, sebelum ditetapkannya usulan tersebut menjadi peraturan daerah. Aspek tersebut diantaranya yaitu, kepadatan penduduk, sosial, dan kemasyarakatan.

“Semua ini sementara masih kita kaji. Pengkajiannya melibatkan Bappeda sebagai perencana, Dinas Pasar terkait teknis, Dishubkominfo terkait amdal lalin, dan BLH soal UKL UPL nya. Mengkaji jumlah dan jarak mini market, apakah memang sudah tidak memungkinkan lagi jika bertambah di Kota Metro. Harus dimantabkan dulu sebelum ditetapkan sebagai peraturan daerah,” jelas nya.

Khaidarmansyah juga menambahkan, setelah kajian usulan moratorium mini market ini selesai, maka tahapan berikutnya adalah merubah perda yang mengatur keberadaan mini market di Kota Metro, termasuk merubah jarak antara pasar moderen dengan pasar tradisional serta mengatur jarak antara mini market satu dan lainnya.

“Jarak ini di atur, tujuannya agar pasar moderen tidak mempengaruhi aktivitas pasar tradisional. Kita juga harus pikirkan perkembangan perekonomian masyarakat Kota Metro yang memiliki usaha warung kecil atau UMKM,” tegas nya.

Berdasarkan penelusuran di lokasi, beberapa mini market yang berlebel Indomart dan Alfamart sudah beroperasi meski belum mengantongi izin usaha. Hal tersebut dibenarkan Kepala Kantor Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KPMPTSP) Metro Syachri Romadon. (Embun)

Tinggalkan Komentar Anda