Berantas dan Jaring Kasus TBC, Warga Ganjar Asri Bersama Puskesmas Ganjar Agung Bangun OEMAH TBC

38
Berantas-dan-Jaring-Kasus-TBC,-Warga-Ganjar-Asri-Bersama-Puskesmas-Ganjar-Agung-Bangun-OEMAH-TBC
Komunitas Peduli TBC bersama jajaran pegawai Puskesmas Ganjar Agung, saat melaksanakan peletakan batu pertama dalam pembangunan OEMAH TBC, di kediaman Ketua RW 004, Kelurahan Ganjar Asri, Kecamatan Metro Barat, Kamis (24/1/19).

Sebatin.com, Kota Metro – Warga masyarakat Kelurahan Ganjar Asri, yang tergabung dalam Komunitas Peduli TBC bersama Puskesmas Ganjar Agung, menggelar acara peletakan batu pertama guna pembangunan OEMAH TBC, yang bertempat di kediaman Ketua RW 004, Kelurahan Ganjar Asri, Kecamatan Metro Barat, Kamis (24/1/19).

Pembangunan OEMAH TBC tersebut adalah sebagai salah satu wujud langkah dari penerapan strategi jitu DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse Chemotheraphy), dalam Program Gerakan Eliminasi Masalah (GEMA) TBC, yang juga merupakan rekomendasi dari World Health Organization (WHO) dalam menanggulangi penyakit TBC. Hal ini, juga merupakan satu-satunya dan yang pertama kali dilaksanakan di Kota Metro.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Ganjar Agung, Eka Fesliria, dalam sambutannya mengatakan, bahwa gagasan didirikannya OEMAH TBC tersebut, datang dari Komunitas Peduli TBC, yang terdiri dari warga Kelurahan Ganjar Asri, dan para tokoh masyarakat setempat, yang kemudian didukung oleh jajaran aparatur pemerintahan seperti Camat, Lurah, dan pihak Puskesmas Ganjar Agung. “Dan ini semua dapat terlaksana, juga berkat adanya bantuan swadaya dan sukarela dari masyarakat, baik itu dari segi moril, materi dan tenaga”, jelasnya.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya untuk kegiatan ini. Dan harapannya, semoga hal ini dapat menjadi penyemangat dan motivasi bagi warga dan penderita TBC, untuk ikut serta dalam penanggulangan kasus TBC di Kota Metro”, ujar Eka Fesliria.

Di kesempatan yang sama, Ketua Komunitas Peduli TBC, Wisnoe Wardana, yang juga selaku Ketua RW 004, Kelurahan Ganjar Asri, Kecamatan Metro Barat, mengatakan bahwa giat tersebut berasal dan tumbuh atas dasar keinginan dari masyarakat, khususnya warga RW 004. “Dan ini juga merupakan bentuk kepedulian Puskesmas Ganjar Agung serta masyarakat terhadap program pemerintah dalam memberantas dan meningkatkan penjaringan kasus TBC dan menghilangkan paradigma negatif terhadap TBC dikalangan masyarakat”, katanya.

Dirinya juga menambahkan, bahwa salah satu bagian mini project yang bertemakan tentang TBC dalam bentuk pembangunan tugu JOSSS TBC adalah merupakan gagasan ide dan sumbangsih dari para Dokter yang menjadi peserta dalam Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) angkatan 2018-2019. “Mereka berharap, dengan di bangunnya tugu JOSSS TBC tersebut, masyarakat dapat lebih terbuka dan lebih ramah lagi terhadap penyakit dan penderita TBC”, tutupnya.

Turut hadir dalam acara peletakan batu pertama tersebut, Lurah Ganjar Asri, Anton Hartono, mewakili Camat Metro Barat, Abdul Kadir, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Kota Metro, serta Tim P2TBC Puskesmas Ganjar Agung. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda