Bersama 250 Orang Relawan, Chusnunia Chalim Berupaya Percantik Taman Rekreasi Langen Tirto Swadaya (Dam Swadaya)

327
Taman-Rekreasi-Langen-Tirto-Swadaya-(Dam-Swadaya)-00
Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim saat berbaur bersama warga saat kegiatan bersih-bersih Taman Rekreasi Langen Tirto Swadaya Desa Gondang Rejo Kecamatan Pekalongan, Minggu (29/10/2017). Foto : Zie, Sebatin. com

Sebatin.com, Pekalongan, Lampung Timur – Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim turun tangan dan terjun langsung dalam mempercantik Taman Rekreasi Langen Tirto Swadaya Desa Gondang Rejo Kecamatan Pekalongan, Minggu (29/10/2017).

Di bantu kurang lebih oleh dua ratus lima puluhan relawan warga yang terdiri dari tiga desa, yakni Desa Godang Rejo, Siraman dan Purworejo, Chusnunia Chalim semakin bersemangat untuk ikut serta secara langsung guna membersihkan dan mempercantik Taman Rekreasi Langen Tirto Swadaya tersebut, agar dapat kembali menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Lampung Timur.

Taman Rekreasi Langen Tirto Swadaya atau yang juga dikenal dengan sebutan Dam Swadaya, merupakan bendungan penampung air untuk mengairi lahan pertanian, khususnya persawahan yang juga difungsikan sebagai tempat wisata, namun keberdaannya sebagai tempat wisata beberapa tahun terakhir ini belum tergarap secara maksimal.

Taman-Rekreasi-Langen-Tirto-Swadaya-(Dam-Swadaya)-01
Bupati Lampung Timur chusnunia Chalim bersama para relawan yang terdiri dari tiga desa, yakni Desa Godang Rejo, Siraman dan Purworejo, usai membersihkan Taman Rekreasi Langen Tirto Swadaya Desa Gondang Rejo Kecamatan Pekalongan, Minggu (29/10/2017). Foto : Zie, Sebatin.com

Selain sebagai sarana irigasi, Dam Swadaya yang di bangun pada tahun 1953 tersebut di medio tahun 2000-an, telah di kenal banyak orang sebagai salah satu tempat wisata yang nyaman dan asri, serta didukung dengan lahan parkir yang luas, pesanggrahan wisata, perahu atau sepeda air serta kedai-kedai kuliner, yang biasanya sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal untuk mengabiskan waktu akhir pekan bersama sahabat dan keluarga.

Dikatakan oleh Mujianto selaku Kabag Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Timur, bahwa dalam kegiatan tersebut, Bupati Lampung Timur berupaya untuk peduli guna mendorong warga sekitar agar tumbuh rasa memliki dan bersyukur atas karunia Tuhan YME atas diberikannya sebuah Sumber Daya Alam (SDA) yang berbentuk Dam Swadaya, yang jika dirawat dengan baik akan dapat menjadikannya sebagai lokasi wisata yang menarik sebagaimana pada masa jayanya dahulu, sehingga akan berefek pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

Sementara itu ditempat yang terpisah, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Gondang Rejo, Yovi mengungkapkan, bahwa kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perkerjaan Umum dan Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Timur, guna mengadakan pembangunan beberapa fasilitas-fasilitas yang menunjang lokasi wisata, berupa tempat-tempat selfie (swafoto atau foto narsis), rumah-rumahan kayu, kedai kuliner dan permainan-permainan petualangan.

(Zie)
Ediotor : Embun

Tinggalkan Komentar Anda