Bersih-bersih Dermaga Bom, Kecamatan Kalianda Akan Tertibkan Pedagang

33
Gerakan Bersih atau yang sering diaebut Geber, di Dermaga Bom Kalianda, Jumat (02/02/18). Foto : Kurdy - Sebatin.com

Sebatin.com,Lampung Selatan – Kecamatan Kalianda, Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan Dinas Perumahan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Lampung Selatan, melakukan program Gerakan Bersih atau yang sering diaebut Geber, di Dermaga Bom Kalianda, Jumat (02/02/18).

Camat Kalianda, Erdiyansyah mengatakan, bersih-bersih ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap Jum’at yang dilakukan jajaran kecamatan setempat sejak 2017 lalu. Namun, untuk di tahun 2018, pihak Kecamatan Kalianda bekerja sama dengan Sat Pol PP dan Disperkim setempat.

“Yang jelas tujuan kita melakukan bersih-bersih seperti ini untuk mewujudkan Kalianda yang BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman). Selain pantai, kita juga sekaligus membersihkan masjid bersama dengan pengurus masjid, untuk kenyamanan menjelang shalat jumat,” terang Erdy.

Selain melakukan bersih-bersih, pihaknya juga akan melakukan penertiban kepada para pedagang buah musiman dan sayuran yang berjualan di area pintu masuk dermaga bom.

“Kita sterilkan pintu masuk area dermaga bom, karena sering kali macet. Kita sudah carikan alternatif tempat yang nantinya akan dipergunakan mereka untuk berjualan,” lanjutnya.

Sebelum ditertibkan, terlebih dahulu diberi himbauan Pdagang sayur dihimbau untuk tidak berdagang dipintu masuk dan melakukan penataan ulang agar lebih terlihat tertib.

“Sore ini disosialisasikan dulu dan diberi pengertian agar berpindah tempat dari lokasi yang lama. Untuk pedagang kaki lima juga akan ditertibkan, apalagi ada bangunan-bangunan yang sudah tidak dipakai lagi,” ucapnya.

Pihaknya juga tiap kepala desa, agar menghidupkan kembali kegiatan gotong royong di desa setiap hari minggu, serta setiap desa juga harus memanajemen tentang pengelolaan sampah termasuk memiliki kendaraan angkut sampah.

“Didesa udah disampaikan, bahkan tahun ini setiap desa harus ada kndaraan pengangkut untuk membawa sampah ke lokasi pembuangan. Ini juga tanggung jawab bersama tidak hanya dinas terkait saja,” tegasnya.

Tidak lupa, Erdy mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan daerahnya masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarangan, karena telah ada tempat yang disediakan untuk membuang sampah.

“Buang sampah ditempat yang ditentukan, nanti ada petugas yang mengangkut sampah itu setiap harinya. Ini juga untuk menjaga saluran air tetap bersih, apalagi dimusim hujan ini bisa menyebabkan banjir,” pungkasnya.

Reporter : Kurdy
Editor     : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda