Blend & Retouch Indonesia, Wadah Bagi Pencinta Fotografi Tanah Air

2579
Blend & Retouch Indonesia, Wadah Bagi Pencinta Fotografi Tanah Air
Blend & Retouch Indonesia, Wadah Bagi Pencinta Fotografi Tanah Air. (Ilustrasi: Taufik & Ombung)

Sebatin.comBlend & Retouch Indonesia (BRI) adalah sebuah grup komunitas bagi para pecinta dunia fotografi tanah air. Di grup ini, baik photographer maupun retoucher, bisa sama-sama belajar, berkarya, serta berbagi ilmu pengetahuan seputar dunia retouching dan blending foto.

Berdirinya Blend & Retouch Indonesia pada 18 April 2014 yang lalu, merupakan sebuah ide brilliant dari dua orang photographer asal Jakarta, mereka adalah Hermawan dan Dezant Grayman. Hingga sekarang, grup ini telah beranggotakan puluhan ribu orang. Mereka berasal dari berbagai macam kalangan, mulai dari pemula hingga ke tingkat professional, semuanya bergabung menjadi satu dalam keluarga besar Blend & Retouch Indonesia.

Dengan mengusung tema “Berbagi File”, BRI berharap file-file tersebut dapat digunakan para membernya sebagai sarana/bahan belajar guna meningkatkan skill retouch dan blending foto. Ternyata apa yang dilakukan BRI tersebut, menjadikan salah satu grup fotografi di facebook ini sebagai sumber inspirasi bagi banyak orang. Sehingga, tidaklah mengherankan jika banyak member yang tumbuh dan berkembang menjadi besar bersama Blend & Retouch Indonesia.

Ada banyak hal yang menarik di BRI, salah satunya adalah dengan diadakannya berbagai jenis permainan pada setiap minggunya, yaitu permainan Game On Blend (GOB) dan Weekly Of Fame (WOF). Dalam permainan ini, admin akan menentukan tema editing terlebih dahulu, setelah itu para member akan saling berkompetisi dan untuk karya-karya terbaik akan ditetapkan sebagai pemenangnya. Para pemenang diwajibkan untuk share file PSD, tujuannya tidak lain dan tidak bukan, adalah untuk berbagi ilmu sebagai bahan belajar bagi semua member.

Selain aktif di dunia maya, Blend & Retouch Indonesia juga mulai giat mengadakan acara kopi darat (kopdar) yang dikemas secara apik dalam bentuk event photography. Terwujudnya event-event semacam ini, tentu berkat adanya koordinasi yang baik antara admin pusat, admin regional, dan juga para member BRI.

Event Photography Blend & Retouch Indonesia Regional Hongkong
Event Photography Blend & Retouch Indonesia Regional Hongkong.
Event Photography Blend & Retouch Indonesia Regional Nusa Tenggara Timur
Event Photography Blend & Retouch Indonesia Regional Nusa Tenggara Timur.
Event Photography Blend & Retouch Indonesia Regional Jawa Barat
Event Photography Blend & Retouch Indonesia Regional Jawa Barat.

Berbagai macam kegiatan mulai dari berbagi file, retouching, bedah editing, permainan, event photography, dan lain sebagainya, menunjukkan bahwa Blend & Retouch Indonesia adalah sebuah grup besar dengan daya kreativitas yang tinggi. Semua itu tentu tak lepas dari peran serta para admin-adminnya. Jika kita berbicara mengenai admin BRI, maka pengertian admin di sini adalah sebuah “Team Kerja“ yang secara sukarela mengontrol segala kegiatan di dalam group. Selain itu, admin juga diminta untuk menuangkan ide-ide kreatif agar suasana grup menjadi lebih interaktif dan tidak monoton. Sehingga, terciptalah berbagai macam program yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan pemahaman terkait editing dan blending foto.

“Sebagai salah satu admin di Blend and Retouch Indonesia, saya menghimbau kepada kita semua untuk paham dasar-dasar photography genre portraiture yang mana menjadi konsen genre yang diusung oleh BRI, bukan untuk menggurui ataupun sok paham, karena retouch dan blending adalah tahapan berikutnya dari photography itu sendiri. Mari bersama-sama peduli pada copyright/hak cipta, menghargai dan menghormati copyright adalah dasar utama perkembangan photography di Indonesia,” ujar Wilson double’U (Wilson Harefa), salah satu admin BRI.

Sebagai tempat berkumpulnya para pecinta fotografi, ada hal yang cukup unik di BRI, yaitu BRI sangat ketat dalam menjaga copyright dan juga mengharamkan tutorial berbayar, dengan kata lain semua sharing yang ada di grup Blend & Retouch Indonesia adalah gratis untuk semua member. Tertarik ingin bergabung di BRI? Silakan KLIK DI SINI. (Ombung)

Tinggalkan Komentar Anda