BPN Metro Tunggu Kepastian Penambahan Prona 2017

718
BPN Metro Tunggu Kepastian Penambahan Prona 2017
Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Metro. Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Alokasi sertifikasi tanah melalui Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) Kota Metro tahun ini berjumlah 1.000 bidang. Prona tersebut dialokasikan untuk dua kelurahan, yaitu Kelurahan Mulyosari, Kecamatan Metro Barat dan Sumbersari, Kecamatan Metro Selatan.

“Target 1.000 bidang yang sebelumnya dialokasikan di Kelurahan Mulyosari, dibagi dua dengan Kelurahan Sumbersari Metro Selatan,” terang Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Metro Kustulani.

Menurutnya, alokasi Prona tahun 2017 ini di Kota Metro diperkirakan akan ada penambahan sebanyak 1.500 bidang. Hal ini, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo tentang adanya penambahan alokasi prona tahun 2017 secara nasional dari 3 juta bidang menjadi 5 juta bidang. Sehingga, secara nasional ada penambahan sekitar 2 juta bidang.

“Memang, ada informasi dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang, bahwa ada instruksi dari Presiden Jokowi terkait penambahan alokasi Prona menjadi 5 juta bidang,” katanya.

Namun, lanjutnya, seluruh jajaran Kantor Pertanahan di Indonesia masih menunggu kepastiannya. Sebab Presiden Jokowi sebelumnya berharap anggaran bagi penambahan alokasi Prona dapat berasal dari dana bantuan dari BUMN ataupun BUMD.

“Ya pastinya saat ini, jajaran Kantor Pertanahan di daerah masih menunggu instruksi lebih lanjut,” paparnya.

Nantinya, jika ada penambahan Kota Metro akan mendapatkan 1.500 bidang yang tersebar di seluruh kelurahan di Kota Metro.

“Tapi, penambahan itu masih dalam tahap perencanaan, kami masih tetap menunggu instruksi lebih lanjut,” tutupnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda