BPS Gelar Focus Group Discussion Bersama Tiga Puluh OPD Kota Metro

120
BPS-Gelar-Focus-Group-Discussion-Bersama-Tiga-Puluh-OPD-Kota-Metro01
Ir. Bangkit Haryo Utomo, M.T., Kepala Bappeda Metro dan sebagai salah satu narasumber dalam diskusi ini. Foto : holik,sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Badan Pusat Statistik (BPS) gelar Focus Group Discussion dengan tema Metro Cerdas dengan Data Berkualitas dan diskusi ini diikuti 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk Perguruan Tinggi dan OPD Vertikal, Rabu (15/11/2017) di Hotel Grand Skuntum Metro.

Ir. Bangkit Haryo Utomo, M.T., Kepala Bappeda Metro dan sebagai salah satu narasumber dalam diskusi ini mengatakan bahwa menurutnya sebagai yang terpenting adalah bagaimana data kedepan adalah data yang lebih berkualitas, hal tersebut dalam upaya membantu BPS karena dalam perhitungan-perhitungan BPS memerlukan data-data OPD, ujarnya.

Sebagai langkah tindak lanjutnya adalah data sektoral/teknis menjadi salah satu syarat dalam pengajuan usulan tahun rencana dalam sistem e-planning, memaksimalkan fungsi PPID disetiap OPD dengan operator yang telah dilatih oleh Dinas Kominfo, menginstruksikan kepada seluruh OPD untuk menyusun data sektoral dan optimalisasi koordinasi dengan BPS, kata Bangkit.

BPS-Gelar-Focus-Group-Discussion-Bersama-Tiga-Puluh-OPD-Kota-Metro02
Focus Group Discussion dengan tema Metro Cerdas dengan Data Berkualitas dan diskusi ini diikuti 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Foto : Holik,sebatin.com

Lanjutnya, bahwa untuk menuju Smart City Pemkot Metro telah melaksanakan pembuatan Portal www.metrokota.go.id, mengadakan pengembangan jaringan internet diseluruh OPD, Kecamatan dan Kelurahan, termasuk pembuatan websitenya serta pemasangan titik-titik tree wifi untuk masyarakat (internet publik), jelasnya.

Lebih lanjut Bangkit mengatakan ada tiga belas lokasi free wifi seperti area lapangan Karangrejo, lapangan Yosomulyo, kantor Kecamatan Metro Selatan, Dinas PTSP, Tman Ki Hajar Dewantara dan Rusunawa, sekitar Masjid Aljihad,, antara Shoping dan Mega Mall, lapangan kampus, lapangan Merdeka, Taman Mulyojati,pasar Purwosari, kantor Kelurahan Banjarsari dan lapangan Garuda, tutupnya.

BPS-Gelar-Focus-Group-Discussion-Bersama-Tiga-Puluh-OPD-Kota-Metro03
Kepala Badan Pusat Statistik Metro, Mimik Nurjanti, S.Si., M.Si., mengatakan bahwa digelarnya acara Focus Group Discussion (FGD) mempunyai tujuan untuk memperbaiki publikasi Metro dalam angka. Foto : Holik,sebatin.com

Kepala Badan Pusat Statistik Metro, Mimik Nurjanti, S.Si., M.Si., mengatakan bahwa digelarnya acara Focus Group Discussion (FGD) mempunyai tujuan untuk memperbaiki publikasi Metro dalam angka, karena dalam melaksanakan tugasnya menerbitkan publikasi Metro dalam angka dan sebagian besar data diperoleh dari OPD yang kami undang hari ini, kata Mimik.

Lanjutnya, diskusi ini diharapkan mendapatkan hasil kedepannya nanti adanya data yang valid sehingga BPS dapat menerbitkan publikasi Metro dalam angka dengan data yang sempurna, seluruh OPD yang sebagian besar adalah sumber data bagi BPS, ini dapat memberikan data yang benar dan diperlukan oleh BPS, ujarnya.

(Holik)

Editor : Husni Alholik

Tinggalkan Komentar Anda