Bupati Lampung Timur Pastikan Tari Melinting Dikenal Hingga Mancanegara

978
Bupati Lampung Timur Pastikan Tari Melinting Dikenal Hingga Mancanegara
Tari Melinting - Festival Melinting ke-VI - Lampung Timur

Sebatin.com – Keragaman seni dan budaya di Provinsi Lampung mempunyai daya tarik yang cukup tinggi dalam bidang pariwisata. Salah satunya kegiatan Festival Melinting ke-VI yang diselenggarakan di Taman Purbakala, Desa Pugungraharjo, Kecamatan Sekampungudik, hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Timur (Lamtim) Chusnunia Chalim, Minggu (17/4).

Lomba tari melinting merupakan salah satu agenda Festival Melinting, pesertanya terdiri dari pelajar tingkat SMP/MTS. Lomba tersebut digelar dalam rangka menggali, melestarikan, mengembangkan seni budaya, dan meningkatkan kunjungan wisata di Lampung Timur. Hadiri juga dalam acara tersebut seluruh perwakilan SKPD Kabupaten Lampung Timur dan Runner Up 2 Putri Indonesia asal Provinsi Lampung Felicia Hwang.

Dalam sambutannya sekaligus membuka festival, Bupati Lamtim mengatakan, untuk melestarikan sebuah budaya tidak cukup dengan memberikan hak paten saja, tetapi juga perlu dilakukan upaya dan kegiatan yang nyata seperti pergelaran Tari Melinting tersebut. Dan dalam waktu dekat ia berjanji akan memperkenalkan budaya tari melinting ke Negara tetangga yaitu Malaysia. Agar budaya Indonesia asal Provinsi Lampung, khususnya Lamtim, bisa dikenal dimata Asia hingga Mancanegara dan diresmikan UNESCO.

“Tari kreasi Melinting bukan milik warga Melinting saja, tetapi juga milik seluruh masyarakat Lampung,” ujarnya.

Bupati Lamtim menambahkan, untuk meningkatkan mutu budaya tari melinting tentu harus ada perhatian dari Pemerintah, khususnya dari Dinas Pariwisata, seperti administrasi dan peningkatan pembelajaran tari tradisi Lamtim, seragam, hingga kemampuan kultur penarinya.

“Apalagi sebagai warga yang lahir dan dibesarkan di Lampung Timur, adalah wajar dapat saling mempelajari budaya daerahnya,” ujarnya.

Bupati Lamtim juga berencana untuk menjadikan Melinting sebagai ciri khas batik daerah yang akan menjadi seragam untuk para PNS dan guru-guru di Lamtim.

Sementara itu, Sultan Ratu Melinting, Rizal Rinzani meminta kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, supaya tari Melinting dapat dijadikan mata pelajaran ekstra kurikuler di tingkat SMP dan SMA agar budaya lokal tidak akan punah ditelan zaman.

Dalam acara tersebut juga diserahkan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI oleh Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, diwakili oleh Kabid Ekonomi Kreatif, Marlina dan sertifikat Gamolan oleh Dinas Pariwisata Lamtim yang diserahkan ketua Gamolan Institute Lampung, Novellia Yulistin Sanggem serta penyematan pin Gamolan dan penyerahan Gamolan yang diterima langsung oleh Bupati Lamtim. Salinan sertifikat tersebut juga diserahkan kepada Sultan Keratuan Melinting Rizal Ismail, Runner Up 2 Putri Idonesia Felicia Hwang dan Kepala Taman Purbakala yang juga menerima Gamolan serta pin Gamolan. (Embun)

Tinggalkan Komentar Anda