Bupati Lampura Launching Mobil Online Adminduk

346
Bupati Lampura Launching Mobil Online Adminduk
Bupati Lampura beserta jajarannya pada saat meresmikan mobil online di halaman Pemkab setempat. Foto: Ist

Sebatin.com, Lampung Utara – Bupati Lampung Utara (Lampura) Agung Ilmu Mangkunegara beserta Sekda Samsir dan Kadisduk Capil Azhar Ujang Salim meresmikan mobil online pelayanan keliling pembuatan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Kabupaten Lampung Utara, di halaman Pemkab setempat, pada Jumat (17/02/2017).

Pada launching mobil online pelayanan keliling tersebut Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara mengatakan, ini merupakan yang pertama kali di Provinsi Lampung dan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat guna mendapatkan adminduk. Menurutnya, selama ini pembuatan KTP-e, KK, dan Akte memang gratis, namun masyarakat sebagian besar masih harus mengeluarkan ongkos untuk datang ke Disdukcapil.

”Oleh karena itulah mobil ini diadakan untuk melakukan pelayanan jemput bola ke masyarakat yang ada di pelosok desa,” katanya.

Lanjut Bupati, terkait dengan operasional mobil online tersebut dan keperluan segala sesuatunya telah dianggarkan, bahkan untuk honor para operator di mobil online tersebut.

“Semua telah disiapkan sampai honor operator sebesar Rp. 150 ribu per orang. Jadi jangan coba-coba ada pungutan lagi di lapangan,” tegasnya.

Agung Ilmu Mangkunegara menjelaskan, untuk rute mobil online itu sendiri, disesuaikan dengan permintaan dari kecamatan-kecamatan yang telah mengajukan usulan. Kabupaten Lampura terdapat 23 Kecamatan kini memiliki 4 unit mobil online pelayanan Adminduk.

“Jika disesuaikan dengan jumlah luas wilayah dengan 23 Kecamatan, 4 unit masih belum pas, idealnya Kabupaten Lampura miliki 4 unit mobil online, dengan pembagian rute 1 unit mobil untuk satu daerah pemilihan. Sementara waktu rutenya disesuaikan saja,” ujar Bupati Lampura.

Kepala Disdukcapil Azhar Ujang Salim mengatakan, setelah lounching ini selesai maka mobil online tersebut akan langsung beroperasi keliling ke daerah pelosok-pelosok desa.

“Kemarin, kita sudah melakukan uji coba ke Kecamatan Abung Surakarta, dan antusias masyarakat sangat besar untuk memproses adminduk dan pada tahun ini, mudah-mudahan dapat terealisasi untuk penambahan 1 unit mobil online dari Kemendagri melalui Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil,” katanya.

Terkait dengan kekosongan blanko e-KTP hingga saat ini, Kadisdukcapil mengungkapkan, kekosongan yang terjadi itu tidak hanya di Kabupaten Lampura saja, melainkan skalanya sudah nasional dan proses pengadaannya sedang berlangsung.

“Mudah-mudahan Maret 2017 ini blankonya sudah ada, sementara ini kita buatkan masyarakat KTP sementara,” Terangnya.

(Yoeda)

Tinggalkan Komentar Anda