Bupati Pringsewu Hi. Sujadi Serahkan DPA Organisasi Perangkat Daerah

51
Bupati--Pringsewu-Hi.-Sujadi--Serahkan-DPA--Organisasi-Perangkat-Daerah
Bupati Pringsewu Hi.Sujadi didampingi Wakil Bupati Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. kepada masing-masing 38 Kepala OPD. Foto Isn Pringsewu

Sebatin.com, Pringsewu – Mengawali aktivitas di hari pertama kerja di tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Pringsewu menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Organisasi Perangkat Daerah (DPA-OPD) Kabupaten Pringsewu tahun anggaran 2018. Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati Pringsewu Hi.Sujadi didampingi Wakil Bupati Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. kepada masing-masing 38 lukepala OPD di aula utama kantor sekretariat pemkab setempat, Selasa (02/01).

Bupati Pringsewu Hi.Sujadi dalam sambutannya mengatakan penyerahan DPA-OPD tersebut merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dimana dokumen pelaksanaan anggaran yang diserahkan kepada OPD agar segera dilaksanakan, sebagai langkah awal dimulainya pelaksanaan kegiatan pembangunan tahun anggaran 2018.
Lanjutnya, DPA-OPD ini merupakan penjabaran program dan visi-misi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022, dan diturunkan lagi dalam masing-masing Renstra OPD tahun 2018.

“Saya tekankan kepada semua pimpinan OPD agar proaktif melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan pada unit kerja masing-masing agar tetap konsisten dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pelaporan, serta penyerahan kegiatan yang telah selesai dengan tepat waktu serta tepat mutu. Yang perlu mendapat perhatian adalah kepatuhan terhadap peraturan dan hukum yang berlaku,” tegas Bupati.

Dirinya mengingatkan bahwa penganggaran merupakan aktivitas terus-menerus dari mulai perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pelaporan dan pemeriksaan, yang dikenal sebagai siklus anggaran ( budgeting cycle), yang tidak berjalan secara estafet, tetapi mengalami proses yang simultan, katanya.

Lebih Lanjut Bupati Pringsewu juga menghimbau seluruh pengguna anggaran, PPK, PPTK, bendahara dan panitia lelang agar benar-benar mencermati dan memahami dengan baik, serta melaksanakan semua kegiatan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Outcome dari program kegiatan harus sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan dalam perencanaan serta selanjutnya dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan Kabupaten Pringsewu,” pungkasnya.

(Isn)
Editor : Husni Alholik

Tinggalkan Komentar Anda