Camat Metro Pusat Keluarkan Inovasi Baru Dalam Pelayanan Perizinan Online

70
Camat-Metro-Pusat-Keluarkan-Inovasi-Baru-Dalam-Pelayanan-Perizinan-Online-01
Camat Metro Pusat, Triana Aprisia, saat menunjukan hasil print pengajuan berkas pelayanan sistem online dengan program simpelmas.metrokota.go.id, di ruang kerjannya, Senin (27/8/18) lalu.

Sebatin.com, Kota Metro – Memiliki bermacam terobosan inovasi dalam hal peningkatan sistem pelayanan, dengan ditunjang kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kreatif, tentunya akan dapat membuat citra Kota Metro yang memiliki salah satu visi sebagai Kota Pendidikan akan lebih terangkat. Terlebih kota ini juga sedang dalam tahap menuju pada konsep Smart City.

Maka layak untuk di acungi jempol, bagi seluruh jajaran pegawai yang ada di Kecamatan Metro Pusat. Pasalnya, dari lima (5) kecamatan yang ada di Kota Metro, baru Kecamatan Metro Pusat yang mencoba berinovasi dengan membuat sebuah terobosan pelayanan berbasis teknologi online, yang dapat memberikan kemudahan dan kecepatan bagi warga Kecamatan Metro Pusat yang akan mengurus perizinan.

Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Masyarakat atau SIMPEL MAS, adalah sebuah program berbasis online yang di gagas oleh Camat Metro Pusat, Triana Aprisia, untuk dapat memberikan pelayanan secara tepat, cepat dan akurat, kepada warganya guna untuk lebih mengefektifkan dan mengefisienkan waktu dalam pemberian pelayanan. “Sudah kita launching pada hari Jumat, tanggal 10 Agustus kemarin. Dan alhamdulillah sudah berjalan, sudah ada warga masyarakat Metro Pusat yang memanfaatkannya”, terang Triana Aprisia, di ruang kerjannya, Senin (27/8/18) lalu.

“Sementara ini ada empat (4) pelayanan yang sudah bisa di akses, diantaranya yaitu pelayanan pengurusan pindah dan datang bagi warga, baik antar kecamatan, kota maupun provinsi. Selanjutnya pelayanan pengurusan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), kemudian pelayanan pengurusan Rekomendasi Nikah, dan pelayanan pengurusan ijin usaha mikro dan kecil”, tambahnya.

Camat-Metro-Pusat-Keluarkan-Inovasi-Baru-Dalam-Pelayanan-Perizinan-Online-02
tampilan halaman muka program simpelmas.metrokota.go.id

Program ini, lanjut Triana Aprisia, hanya dapat digunakan bagi warga masyarakat yang berada di dalam wilayah Metro Pusat saja. “Hal ini terkait dengan adanya proyek perubahan Diklatpim III yang sedang saya jalankan”, terangnya.

“Teknisnya, masyarakat hanya tinggal mengakses melalu internet dengan membuka situs www.simpelmas.metrokota.go.id, kemudian log in dengan memasukan nomor e-KTP dan nama lengkap, selanjutnya ikuti saja intruksi sesuai dengan apa yang akan di ajukan prosesnya. Kemudian setelah itu, staf pelayanan di Kecamatan Metro Pusat akan memasukkan data yang secara otomatis akan terkoneksi dengan Android saya pribadi. Setelah berkas ajuan lengkap, saya tinggal approve saat itu juga. Selesai deh, masyarakat tinggal ambil berkasnya di Kantor Kecamatan Metro Pusat. Simpel kan, nggak harus bolak balik”, jelas Triana Aprisia.

Namun, tambah Camat Metro Pusat, semua pelayanan tersebut, saat ini baru bisa dilakukan hanya pada saat waktu jam kerja saja. “Dan sampai detik ini masih tersedia dalam format web, jadi belom ada aplikasinya di layanan playstore. Secepatnya akan kita buat aplikasi untuk di android, agar lebih memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya”, pungkas Triana Aprisia.

(Ade)

Tinggalkan Komentar Anda