Cara Membuat Hati Tenang Dalam Menghadapi Masalah

809
Cara Membuat Hati Tenang Dalam Menghadapi Masalah
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Setiap manusia tentu memiliki masalah dalam hidupnya. Masalah, memang bukanlah hal yang bisa dihindari, namun lebih ke bagaimana seseorang bisa menghadapi masalahnya dengan tenang. Banyak permasalahan sepele terkadang menjadi besar ketika seseorang tidak dapat mengontrol emosi dalam dirinya, sehingga pemecahan masalah pun tidak dapat dilakukan.

Bahkan tindak pidana banyak terjadi karena kurangnya faktor pengendalian diri dalam menghadapi masalah. Untuk itu ketenangan jiwa saat menghadapi masalah sangatlah penting, namun beberapa orang bingung bagaimana mendapatkan ketenangan jiwa tersebut.

Berikut beberapa tips untuk membuat hati lebih tenang saat menghadapi masalah

1. Berbagi Dengan Orang Lain

Sebagai mahluk sosial, ada baiknya untuk berbagi cerita tentang masalah yang dihadapi, hal ini biasa dikenal dengan istilah curhat (curahan hati). Saat curhat, maka otomatis apa yang ada dalam fikiran akan dikeluarkan dan membuat hati lebih tenang, sehingga pemecahan masalah pun akan cenderung lebih mudah didapatkan. Dengan curhat pun Anda bisa mengetahui bahwa banyak orang lain di luar sana yang memiliki masalah lebih besar dari pada diri Anda, sehingga hal itu dapat memicu motivasi untuk tegar dalam menghadapi masalah.

2. Kontrol Emosi

Beberapa masalah dalam hidup terkadang langsung memancing emosi seseorang, emosi ini bisa ditunjukkan dengan beragam sikap, seperti marah ataupun menangis. Saat emosi mulai menguasai tubuh, maka berfikir secara logis akan sangat sulit. Untuk itu, ketika mengahadapi masalah ada baiknya untuk sekuat mungkin mengontrol emosi.

3. Alihkan Rasa Marah

Ketika marah sudah tidak bisa lagi dielakkan, maka ada baiknya untuk mengalihkan rasa marah ke kegiatan yang lebih positif. Karena jika rasa marah dituruti, akan berakibat buruk dan menimbulkan penyesalan setelahnya. Pengalihan rasa marah ini bisa dilakukan salah satunya dengan cara berolahraga. Dengan olahraga, marah mereda badanpun kian sehat

4. Mendengarkan Musik

Musik dikenal mampu merubah mood bagi pendengarnya, hal ini berlaku juga bagi seseorang yang menghadapi sebuah masalah. Carilah musik yang menurut Anda bisa membuat hati lebih tenang, seperti slow pop ataupun instrument ringan. Namun ada beberapa orang yang lebih menyukai musik rock untuk menenangkan keadaan hatinya.

5. Beribadah

Jika beragam cara untuk menenangkan hati tidak berhasil, maka beribadahlah kepada Tuhan, salah satunya dengan berdoa. Sampaikanlah dalam doa Anda tentang segala permasalahan yang sedang Anda hadapi, selanjutnya mintalah kepada Tuhan jalan keluar terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan beribadah, suasana religius akan sangat terasa dan hal itu bisa membuat Anda jauh lebih tenang.

Hal-hal diatas bisa Anda lakukan ketika menghadapi masalah yang ringan maupun berat. Perlu diingat, dengan kepala yang dingin dan hati yang tenang, maka akan lebih mudah dalam mencari jalan keluar dalam sebuah permasalahan.

Jangan sampai menuruti emosi yang dapat memancing tindakan bodoh, karena manusia hebat adalah manusia yang mampu mengontrol emosinya. (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda