Cara Membuka Toko Online Untuk Para Pemula

669
Cara Membuka Toko Online Bagi Para Pemula
Cara Membuka Toko Online Bagi Para Pemula (Ilustrasi)

Sebatin.comCara membuka toko online memang berbeda dengan toko offline pada umumnya. Jika untuk membuka sebuah toko offline dibutuhkan dana yang cukup besar, ternyata membuka toko online jauh lebih rendah biayanya. Hal ini sangat wajar, sebab toko online tidak membutuhkan bangunan fisik sebagai tempat berjualan. Tetapi meskipun demikian, sebuah website toko online tetap membutuhkan Hosting.

Apa itu hosting? Jika di dunia nyata kita mengenal tempat atau lokasi sebuah toko, maka di internet istilah lokasi ini biasa disebut dengan hosting atau tempat untuk membangun website. Selain hosting, sebuah website juga memerlukan Domain atau nama untuk mengidentifikasi alamat IP Address dari website tersebut. Nama domain ini bersifat unik alias tidak sama antara satu dengan yang lainnya, sebagai contoh seperti google.com, yahoo.com, sebatin.com, tokopedia.com, dan lain sebagainya.

Gambaran Umum Tentang Tata Cara Membuka Toko Online

Berikut ini adalah gambaran umum tentang tata cara membuka toko online atau online store yang wajib diketahui oleh para pemula. Informasi di bawah ini berisi langkah per langkah mulai dari cara membuat website hingga toko online Anda siap untuk dibuka.

1. Siapkan Hosting dan Domain
Hosting dan Domain ini bisa Anda dapatkan pada penyedia jasa sewa hosting dan domain. Anda tinggal mengetikkan kata kunci “sewa hosting dan domain” (Tanpa tanda petik) di mesin pencari Google, maka akan muncul daftar penyedia layanan hosting dan domain tersebut. Silakan Anda pilih satu yang sekiranya cocok buat Anda, kemudian segera lakukan pemesanan.

2. Install CMS Website
Setelah Anda mengantongi Hosting & Domain, langkah berikutnya adalah Anda tinggal menginstall CMS Website pada hosting tersebut. Mengenai mana CMS (content management System) Website yang harus dipilih, kami merekomendasikan Anda menggunakan CMS WordPress. Sebab, WordPress merupakan mesin website yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia dan sangat mudah dioperasikan.

3. Install Theme Toko Online
Jika CMS WordPress telah ter-install, maka Anda juga perlu menginstall Theme (Tema) Toko Online. Untuk mendapatkan theme ini caranya sangat mudah, silakan Anda ketik kata kunci “theme toko online wordpress” pada search engine Google dan pilihlah salah satu theme yang paling Anda suka.

4. Posting Produk
Langkah yang perlu Anda ambil setelah semua proses penginstallan selesai adalah memposting atau memasukkan foto dan deskripsi dari semua produk yang ingin Anda jual.

5. Sediakan Halaman Khusus
Selain berisi postingan produk, sebuah website toko online hendaknya menyediakan pula beberapa halaman khusus, seperti Tentang Kami, Kontak, Cara Belanja, Tanya Jawab, dan sebagainya.

Jika semua proses di atas telah Anda lakukan dengan baik, maka website toko online Anda sudah siap untuk dibuka. (Ombung)

Tinggalkan Komentar Anda