Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Mudah dan Menyenangkan

729
Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Mudah dan Menyenangkan
Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Mudah dan Menyenangkan. (Ilustrasi)

Sebatin.com – Bagaimana cara mengajari anak membaca? Hal ini seringkali menjadi sebuah pertanyaan besar bagi banyak orang tua yang memiliki buah hati yang masih kecil. Selain sekolah yang memberikan pelajaran membaca kepada murid, seyogyanya orang tua juga berperan aktif dalam mendorong kemampuan membaca pada sang anak. Sebab, dengan membaca seorang anak akan dengan mudah memahami pelajaran-pelajaran lain, baik yang diberikan di sekolah maupun di luar sekolah. Berikut ini ada beberapa tips singkat tentang cara mengajari anak membaca dengan mudah dan menyenangkan.

Tips Sederhana Tentang Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Mudah dan Menyenangkan

1. Ajak Anak Membaca Buku Cerita
Membaca buku cerita seperti buku dongeng bergambar, bisa meningkatkan daya tarik seorang anak untuk membaca, sebab pada dasarnya anak-anak suka dengan cerita, sehingga akan lebih mudah mengajari mereka lewat buku-buku tersebut. Apalagi di dalam buku cerita anak biasanya dibubuhi dengan gambar-gambar yang menarik, sehingga belajar membaca akan semakin menyenangkan.

2. Bimbing Anak Untuk Rutin Membaca
Usahakan setiap hari seorang anak rutin untuk membaca, hal ini merupakan upaya agar ingatan si anak dalam mengenali aksara akan semakin terasah. Oleh karena itu, sebagai orang tua, pandai-pandailah Anda meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan membaca kepada buah hati Anda setiap hari.

3. Jangan Paksa Anak
Ketika anak merasa lelah, jangan paksakan ia untuk belajar membaca. Sebab, sebuah paksaan dapat membuat anak menjadi semakin malas untuk membaca. Jika hal itu sampai terjadi, maka orang tua akan kesulitan untuk membujuknya lagi.

4. Jangan Terlalu Lama Belajar
Belajar membaca terlalu lama dapat membuat anak menjadi mudah bosan dan tidak berkonsentrasi. Oleh karena itu, aturlah waktu belajar anak sesuai kemampuannya, misalkan cukup 20 – 30 menit saja, setelah itu biarkan anak Anda beristirahat atau bermain.

5. Berilah Pujian dan Hadiah
Dengan memberikan pujian pada anak saat ia menyelesaikan bacaan, akan membuat anak merasa senang. Selain itu, sesekali Anda juga dapat memberikan hadiah agar anak terus termotivasi dalam belajar.

Demikian sedikit tips tentang cara mengajari anak membaca dengan mudah dan menyenangkan, semoga bermanfaat untuk pembaca. (Ari & Ombung)

Tinggalkan Komentar Anda