Cara Mengatasi Rambut Berminyak Agar Tetap Sehat dan Berkilau

306
Cara Mengatasi Rambut Berminyak Agar Tetap Sehat dan Berkilau
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Cara mengatasi rambut berminyak memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang kalau tahu caranya, susah kalau tidak tahu caranya. Sebetulnya setiap orang bisa memiliki rambut sehat dan berkilau, tak terkecuali bagi Anda yang saat ini punya masalah dengan rambut berminyak.

Rambut berminyak memang menjengkelkan, sebab kondisi tersebut biasanya akan membuat rambut menjadi lepek, kusam, mengkilap, bau, dan sulit ditata. Jika sekarang ini Anda tengah mengalami masalah tersebut, silakan ikuti tips tentang cara mengatasi rambut berminyak berikut ini!

Kumpulan Tips Tentang Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Tips 1 – Jangan Keramas Setiap Hari

Sebaiknya cucilah rambut Anda 2-3 hari sekali, sebab keramas setiap hari hanya akan membuat minyak alami (sebum) di kulit kepala Anda lekas hilang. Di mana, hal ini justru akan merangsang kelenjar minyak (sebaceous glands) memproduksi lebih banyak minyak, akibatnya rambut Anda pun semakin lepek dan susah diatur.

Sekadar tips, ada baiknya pada saat keramas Anda menggunakan air hangat, kemudian pada bilasan terakhir siramlah dengan air dingin supaya rambut semakin berkilau.

Tips 2 – Jangan Keseringan Menyentuh Rambut

Tahukah Anda? Semakin sering rambut disentuh, maka semakin banyak pula minyak yang diproduksi. Jadi, kalau Anda punya masalah rambut berminyak, sebaiknya jangan keseringan menyentuh rambut.

Tips 3 – Jangan Terlalu Lama Menyisir

Tidak sedikit wanita yang suka berlama-lama ketika menyisir rambut, jika Anda salah satunya dan Anda juga punya masalah dengan rambut berminyak, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut.
Menyisir rambut terlalu lama, ternyata dapat memicu kelenjar memproduksi lebih banyak minyak. Oleh karena itu, khusus bagi Anda yang punya masalah rambut berminyak, alangkah lebih baiknya jika Anda mempersingkat waktu ketika menyisir rambut.

Tips 4 – Pakailah Shampoo Khusus Untuk Rambut Berminyak

Untuk tips yang ke-empat mengenai cara mengatasi rambut berminyak ini, yaitu pakailah shampoo khusus yang mampu menghilangkan minyak berlebih, namun tidak membuat rambut Anda menjadi kering.

Tips 5 – Gunakan Kondisioner Cukup di Ujung Rambut

Ketika Anda menggunakan kondisioner, sebaiknya cukup oleskan di ujung rambut saja. Sebab, jika Anda memakai kondisioner hingga akar rambut, hal itu hanya akan membuat rambut Anda tambah berminyak. Namun, jika Anda khawatir kondisi minyak di kepala Anda semakin parah, Anda juga boleh tidak memakai kondisioner.

Tips 6 – Pakailah Handuk yang Lembut Untuk Rambut Anda

Sesudah Anda mandi keramas, gosoklah rambut secara perlahan memakai handuk yang lembut. Menggosok rambut dengan handuk kasar bisa menyebabkan timbulnya ketombe dan merangsang produksi minyak di kepala Anda.

Tips 7 – Jauhkan Gel atau Serum Rambut

Gel atau serum rambut dapat memperburuk kondisi minyak pada rambut Anda, jadi sebaiknya jangan dipakai. Untuk merawat rambut, Anda bisa melakukannya dengan cara alami, seperti menggunakan lidah buaya, lemon, teh hijau, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara mengatasi rambut berminyak agar tetap sehat dan berkilau, semoga apa yang kami informasikan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda