Cara Menjadi Profesional Blogger

264
Cara Menjadi Profesional Blogger
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Professional Blogger adalah orang yang menjadikan aktivitas ngeblog sebagai perkerjaan sehari-hari. Di zaman yang semakin digital ini, pekerjaan ini semakin berkembang dan diminati. Mengenai pendapatan, pekerjaan ini menawarkan harga yang fantastis!

Beberapa cara untuk menjadi Professional Blogger:

1. Kemampuan Menulis

Pekerjaan Blogger paling vital tentunya adalah menulis. Artikel lah bentuk tulisannya. Menulis adalah keahlian yang sifatnya sama dengan keahlian-keahlian lain. Ala bisa karena biasa. Oleh karena itu, untuk bisa menulis artikel yang bagus dan rapi dibutuhkan waktu dan latihan yang rutin. Bila seorang Blogger pemula menulis sebuah artikel membutuhkan waktu berjam-jam, maka seorang Professional Blogger bisa menyelesaikkannya dalam waktu 30 menit hingga satu jam. Selain latihan yang rutin, wajib hukumnya bagi para pemula untuk paham luar kepala cara penggunaan ejaan yang disempurnakan (EYD).

2. Mengubah atau Membeli Domain

Membuat Blog tidaklah membutuhkan waktu yang lama. Dalam waktu lima hingga sepuluh menit pun bisa selesai. Banyak sekali aplikasi blog secara gratis yang bisa digunakan. Dua di antaranya adalah blogspot dan wordpress. Namun, wajib juga bagi para Professional Blogger untuk menjadikan domain blog menjadi .com atau lainnya. Sebab bila domain blog telah diubah menjadi .com atau bentuk lainnya, maka blog tersebut akan terlihat lebih professional. Selain itu, tak ada Professional Blogger yang menggunakan domain gratis.

3. Rutin Ngeblog

Analoginya, pedagang bisa dikatakan pedagang kalau ia rutin berdagang. Begitupun juga dengan blogger. Semakin banyak artikel yang ditulis, semakin banyak netizen yang membacanya. Semakin banyak netizen membaca artikel di blog kita, maka peringkat blog kita pun akan naik di situs pengurut peringkat blog atau web berdasarkan banyaknya pembaca atau visitor.

4. Mengajukan Blog ke Google Adsense

Salah satu penghasilan yang diperoleh oleh Blogger yakni berasal dari Google Adsense. Google adsense adalah jaringan periklanan dari Google yang disediakan untuk para pemilik website agar dapat menghasilkan sejumlah uang dari websitenya. Prinsip kerja dari program ini adalah adanya pengiklan yang menaruh iklannya di Google Adsense, kemudian kita para pemilik website yang berperan sebagai publisher akan menampilkan iklan tersebut di website. Kemudian sejumlah uang yang dibayarkan oleh pengiklan akan dibagi hasil pada Google Adsense dan Publisher dengan mengacu pada ketentuan dari Google Adsense. Banyak sekali jaringan periklanan seperti ini dengan berbagai program yang diberikan seperti PPC (Pay Per Click), CPA (Cost Per Action), dan lain-lain.

5. Mendapatkan Job Review

Setelah Blog banyak pengunjungnya atau bisa juga dikatakan hits, maka tidak ada salahnya menulis review sebuah produk atau jasa secara gratis. Bila perlu, buat secara khusus kategori review di blog. Dengan demikian, perusahaan-perusahaan yang biasa mengiklankan barang dan jasanya di internet akan tertarik mengiklankannya pula di blog kita. Oleh karena itu, setiap kita menulis artikel ataupun review harus diusahakan sebaik mungkin.

Demikianlah lima cara untuk menjadi Professional Blogger. Sejatinya, banyak cara lain yang juga bisa digunakan sebagai penunjang. Namun, setidaknya lima cara di atas sudah bisa menjadikan kita sebagai Professional Blogger. Akhir kata, mari menulis, mari ngeblog. (Al Hadeed)

Tinggalkan Komentar Anda