Cegah Penyebaran DBD, Dinkes Mesuji Harapkan Adanya Peran Serta Masyarakat

5
Cegah-Penyebaran-DBD,-Dinkes-Mesuji-Harapkan-Adanya-Peran-Serta-Masyarakat
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji, Ardi Umum

Sebatin.com, Mesuji – Pasca perubahan musim diakhir tahun 2018, Dinas Kesehatan (Diskes) Mesuji terus melakukan berbagai terobosan. Salah satunya yaitu dengan melakukan pencegahan terhadap penyakit Deman Derdarah Degued (DBD). Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji, Ardi Umum, Selasa (4/12/18).

Terkait hal tersebut, pihaknya akan terus berupaya melakukan pencegahan dengan cara melakukan pembagian Abate kepada masyarakat, serta melakukan fogging atau penyemprotan ke setiap sudut desa. “Selain itu kita juga memberikan penyuluhan agar masyarakat dapat menerapkan 3M Plus. Pokoknya berbagai macam langkah akan kita upayakan”, jelasnya.

“Akibat perubahan cuaca yang tidak menentu di tahun ini, tercatat ada 5 sampai 6 orang yang positif terjangkit Demam Berdarah. Dan kasus ini masih terbilang belum luar biasa. Namun meskipun begitu kita tetap akan waspada karena jarak radius yang terjangkit DBD bisa meluas”, paparnya.

Dijelaskan pula, terkait beberapa orang yang telah positif terjangkit Demam Berdarah. Beberapa warga yang terjangkit penyakit DBD itu merupakan warga Simpang Pematang, dan Kawasan Register 45”, katanya.

“Dan kami dari Dinas Kesehatan, selsalu terus berupaya melakukan penyegahan dengan melakukan Fogging ke tempat-tempat yang berpotensi banyak nyamuk berkembang biak”, tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji tersebut juga menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Mesuji, dapat bersama-sama melakukan pemberantasan sarang nyamuk. “Masyarakat juga harus ikut berperan serta aktif, diantaranya dengan menerapkan 3 M Plus, karena bila tidak melakukan hal itu besar kemungkinan dapat terjadi dan menyerang masyarakat itu sendiri. Untuk itu, masyarakat harus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)”, pungkasnya. (Roby)

Tinggalkan Komentar Anda