Cegah Pohon Ambruk, Distakopar Lakukan Pemangkasan

374
Cegah Pohon Ambruk, Distakopar Lakukan Pemangkasan
Proses Pemotongan Ranting, Dahan Hingga Batang Kayu Yang Dianggap Berbahaya Saat Angin Kencang. Foto: Ndra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Dinas Tata Kota dan Pariwisata (Distakopar) Kota Metro bersama bidang pertamanan melakukan pemangkasan rutin pada pohon-pohon yang berada di tepi jalan. Pemangkasan ini menyasar langsung pada ranting-ranting pohon yang tumbuh ke arah jalan raya, Kamis(10/11/2016).

Kabid Pertamanan Kota Metro Sungkowo menjelaskan, pemangkasan ranting dan pemotongan kayu mati tersebut untuk mengantisipasi patahnya salah satu ranting dan membahayakan pengguna jalan.

“Ini dalam rangka menghadapi cuaca ekstrem, kan sekarang lagi musim hujan. Nanti kalau tidak dipangkas malah bisa menimpa pengendara kalau patah, karena ini jalan umum. Ini tadi sudah kita lakukan di Jalan W.R Supratman, dan Jln Dr Sutomo,” papar Sungkowo.

Lebih lanjut ia menjelaskan, masyarakat dapat melaporkan kepada dinas terkait melalui kelurahan jika ada pohon yang berpotensi membahayakan warga sekitar atau pengguna jalan.

“Kalau yang ini tadi permintaan dari masyarakat. Warga bisa melapor ke kami jika ada pohon yang berpotensi membahayakan jika dibiarkan saja,” lanjutnya.

Ia menambahkan, kayu hasil pemangkasan atau pemotongan yang bernilai ekonomis akan dilaporkan ke Bagian Aset. Sedangkan yang tidak bernilai ekonomis akan ditawarkan ke warga.

“Kalau masyarakat tidak mau kayu-kayu ini, akan kita buang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS),” tutupnya.

(Ndra)

Tinggalkan Komentar Anda