Cegah Rabies, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Metro Lakukan Vaksinasi Hewan

713
Cegah Rabies, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Metro Lakukan Vaksinasi Hewan
Salah satu anjing yang baru selesai diberi vaksin. Foto: dra - Sebatin.com

Sebatin.com – Guna mencegah menyebarnya penyakit rabies pada hewan, seperti anjing dan kucing, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Kota Metro lakukan pemvaksinan hewan di seluruh Kota Metro yang kali ini dilakukan di Sumbersari, Bantul, Metro Selatan (03/10/2016).

Kabid. Peternakan dan Kesehatan Hewan DP2K Kota Metro Neneng Roshayati menjelaskan, bahwa sejak dimulainya vaksinasi hewan pada tanggal 19 September lalu, sudah 2.500 hewan yang divaksin.

“Vaksin diadakan secara cuma-cuma sebagai upaya pencegahan rabies. Tercatat sudah 30 persen hingga 40 persen hewan yang telah divaksin,” ujar Neneng.

Neneng juga menerangkan, bahwa pemberian vaksin pada hewan ini perharinya dilaksanakan di dua kelurahan yang berbeda. Menurutnya, selain kucing dan anjing, kera juga akan divaksin jika ditemukan.

“Kendala yang terjadi dalam melakukan vaksin pada hewan di antaranya adalah pemilik hewan kadang tidak dirumah dan juga hewan yang akan divaksin sulit dikendalikan, seperti anjing dan kucing liar. Itulah beberapa penyebab vaksinasi tidak optimal,” kata Neneng.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga meminta warga untuk senantiasa peduli terhadap kesehatan dan perawatan hewan. Caranya dengan melaporkan hewan yang belum diberi vaksin, serta menjaga kebersihan lingkungan dan makanan hewan. Jika menemukan hewan yang sakit, sebaiknya segera lapor atau dibawa ke dokter hewan setempat.

“Kita berharap dengan kegiatan vaksin ini bisa mencegah penyakit rabies,” tutupnya.

(dra)

Tinggalkan Komentar Anda