Chairil Anwar Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

425
Chairil Anwar Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Charil Anwar, sejarah perpuisian di Indonesia. Nama penyair ini begitu terkenal di hampir seluruh lapisan masyrakat. Binatang Jalang, itulah julukannya. Puisi-puisinya yang nasionalis, tegas, dan berani membuatnya disukai oleh banyak orang. Kini, puisi-puisinya banyak dipelajari oleh para pembelajar: mulai dari siswa SD sampai mahasiswa S3.

Beberapa waktu lalu, sejumlah budayawan dan sastrawan asal Sumatera Barat menggagas ide untuk mengusulkan Chairil Anwar sebagai Pahlawan Nasional. Hal ini disebabkan karena Chairil Anwar adalah sosok penyair besar yang karya-karya tulisnya berupa puisi tidak telah amat sangat mempengaruhi perjalanan sejarah sastra Indonesia modern. Tak hanya itu, bahkan Chairil Anwar memang mempunyai hubungan yang cukup erat dengan para pelopor perjuangan kemerdekaan RI, seperti Sutan Syahrir, Sukarni, Chairul Saleh, dan lain-lain.

Beberapa nama yang memelopori gagasan untuk mengusulkan Chairil Anwar sebagai pahlawan nasional ini adalah Gus tf Sakai (Ketua), Iyut Fitra (Wakil Ketua), Yulfian Azrial (Sekretaris), Ray Foster WM (Wakil Sekretaris), Yusra Maiza (Bendahara), Adri Sandra, Khairul Jasmi, Nasrul Azwar, Yudilfan Habib, Muhammad Bayu Vesky, Yusril, M Fajar Rillah Vesky, dan Ade Suhendra.

Chairil Anwar Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional 2
Foto: Iyut Fitra

“Jadi wacana pengusulan gelar Pahlawan Nasional untuk Chairil Anwar bukanlah hal yang mengada-ada. Jika WR Supratman telah dikukuhkan sebagai pahlawan nasional lewat lagu “Indonesia Raya”, maka telah saatnya pula Chairil Anwar yang berjuang lewat karya-karya puisinya yang monumental, juga dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional,” terang Yulfian Azrial.

(Al Hadeed)

Tinggalkan Komentar Anda