Chusnunia Kaget, Lampung Timur Bisa Panen Raya Bawang Merah

59
Bupati Lampung Timur, Chusnunia saat panen raya bersama Anggota Kelompok Tani Maju Satu, di Desa Banjar Rejo, Kecamatan Batanghari, Jumat (26/1/2018). Foto : Red

Sebatin.com, Lampung Timur – Chusnunia, Bupati Lampung Timur melakukan panen raya bawang merah bersama anggota Kelompok Tani (Poktan) Maju Satu. Panen raya yang dilakukan ini berada di lokasi Desa Banjar Rejo, Kecamatan Batanghari, Jumat (26/1/2018).

Chusnunias dalam sambutannya mengapresiasi kepada para petani di Banjar Rejo berhasil mengembangkan tanaman bawang merah. Hal tersebut, kata Bupati yang akrab disapa Mbak Nunik ini, dinilai sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Bahkan, ia mengaku kaget apabila di Lampung Timur itu bisa ditanami Brambang.

“Kaget saya, brambang bisa di tanam di Lampung Timur, luar biasa, alhamdulillah, kita mensyukuri,” kata perempuan yang masih melajang ini.

“Kebetulan kita tadi lagi ada musrenbang, jadi saya minta pak camat untuk mengingatkan kepada dinas pertanian, nanti pertemuan saya yang akan pimpin supaya ada kebijakan”, tutur Chusnunia.

Lebih dari itu, Mbak Nunik juga berharap budidaya bawang merah terus dikembangkan di masa mendatang.

“Nanti kita akan langsung tindak lanjuti karena ini betul-betul kebutuhan pokok, saya sebagai Bupati mengharapkan Lampung Timur ini bisa ditanami semua jenis kebutuhan pokok, jadi kebutuhan pokok bisa kita penuhi sendiri biar tidak impor-impor”, tandasnya.

“Dan pemerintah kabupaten akan kita adakan program subsidi bibitnya, walaupun tidak 100 persen semuanya, tetapi akan kita adakan program baru subsidi bibit untuk bawang merah”. tutup akrab Mbak Nunik tersebut.

Kelompok Tani Maju Satu ini diketuai oleh Parwoto, dan mempunyai Anggota 27 orang, awalnya, mereka menanam bawang merah dengan modal 50 kilogram yang ditanam diareal lahan seluas seperempat hektare. Harapannya, mereka bisa memanen kurang lebih 6 kwintal bawang merah.

Tak hanya itu,mereka juga mempunyai harapan Lampung Timur mampu memiliki bawang merah sendiri dengan kualitas yang lebih baik dengan daerah lainnya.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran ibu bupati di desa kami ini, tanaman bawang merah ini bisa menjadi komoditas kami Kelompok Tani Maju Satu di Banjar Rejo ini. Karena khusus untuk Lampung Timur, ini perdana kita melakukan panen bawang merah, di mana kita tahu bawang merah selalu identik dengan Brebes,” kata Parwoto

“Mudah-mudahan dengan kami mencoba seperti ini bawang merah bukan hanya Brebes saja tapi juga Lampung Timur”, ujar Parwoto.

Panen raya ini juga dihadiri pula oleh Camat Batanghari Rohiman, Sekretaris Kecamatan Batanghari Purwadi, Kepala Desa Banjar Rejo Puspito, Ketua Kelompok Tani Maju Satu Parwoto beserta anggota kelompok tani.

(Zie)
Editor : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda