Dasio Lantik Ketua OSIS SMAN 1 Kota Gajah Priode 2017-2018

254
Dasio-Lantik-Ketua-OSIS-SMAN-1-Kota-Gajah-Priode-2017-201801
Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah, Drs.Hi. Dasio Priambodo, M.Pd. saat menjadi Pembina upacara dan sedang memberikan arahan. Photo : Pur Sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Tengah – Bertepatan dengan pelaksanaan upacara bendera, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kotagajah telah dilaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan kepengurusan OSIS 2017/2018 di halaman sekolah setempatyang sebelumnya telah melalui proses Pemilihan Ketua OSIS (Pilkaos) yang dilaksanakan secara demokratis oleh seluruh peserta didik.

Kepala SMA Negeri 1 Kotagajah, Drs.Hi. Dasio Priambodo, M.Pd. mengambil sumpah dan pelantikan yang disaksikan oleh para Wakasek, Dewan Guru dan seluruh siswa dengan tertib dan lancar, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan serta serah terima secara simbolis berupa menyerahkan tongkat komandan dari ketua lama kepada ketua baru.

“kalian adalah siswa-siswi terpilih yang diberikan amanah oleh sekolah dan seluruh peserta didik untuk mengemban tugas menjalankan roda organisasi, yang didalamnya terdapat program-program yang seiring dengan program sekolah dan bekerjalah semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan dengan mengacu pada program dan ketentuan yang berlaku serta penuh dengan rasa tanggungjawab,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi Sebatin.com seputar OSIS, Dasio mengatakan peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dapat meningkatkan berbagai macam fungsi kemampuan dalam diri siswa, seperti dapat menjadi pembelajaran untuk menjadi penerus kepemimpinan diberbagai organisasi dan meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan, karena dalam berorganisasi OSIS, siswa diajarkan mengenai pola-pola kepemimpinan yang menjadi sebuah dasar dalam menjalankan suatu organisasi.

Sehingga siswa tersebut mampu menjadi seorang pemimpin, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain, tanpa disadari, ternyata dalam pola-pola kepemimpinan tersebut terdapat penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, terutama karakter-karakter yang mencerminkan nasionalisme, kata Dasio.

Dasio-Lantik-Ketua-OSIS-SMAN-1-Kota-Gajah-Priode-2017-201802
Saat Kepsek SMAN 1 Kota Gajah, Drs.Hi. Dasio Priambodo, M.Pd. menanda tangani berita acara serah terima jabatan Ketua OSIS. Photo : Pur Sebatin.com

Dasio juga mengatakan bahwa secara sistematis didalam Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226 / C / Kep / 0 / 1993 disebutkan, bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), sehingga dapat kita pahami bahwa OSIS adalah suatu organisasi siswa yang ada di dalam dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan.

Melalui peranan OSIS tersebut dapat banyak manfaat yakni meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara dan cinta tanah air, meningkatkan kepribadian dan budi pekerti luhur, meningkatkan kemampuan berorganisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan, meningkatkan ketrampilan, kemandirian dan percaya diri, meningkatkan kesehatan jasmani rohani, menghargai dan menjiwai nilai-nilai seni serta meningkatkan dan mengembangkan kreasi seni, ujarnya.

Dasio-Lantik-Ketua-OSIS-SMAN-1-Kota-Gajah-Priode-2017-201803
Saat pelajar SMAN 1 Kota Gajah menerima penghargaan dari sekolah atas prestasinya. Photo : Pur Sebatin.com

Lanjutnya, bahwa tentang persamaan hak dan kewajiban antara sesama manusia dan sesama bangsa serta mengakui persamaan derajat, mampu menumbuhkan sikap saling mencintai antarsesama manusia, mampu mengembangkan rasa tenggang rasa dan berani membela kebenaran dan keadilan. Pada hakikatnya, melalui OSIS tersebut bertujuan untuk melatih kemampuan berorganisasi para siswa – siswi khususnya di SMAN 1 Kotagajah.

Menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa diatas kepentingan pribadi maupun kepentingan golongan, memiliki rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang bertanah air satu, tanah air Indonesia dan tidak merasa rendah diri, mampu menunjukkan rasa rela berkorban demi bangsa dan negara Indonesia, tegas Dasio.

(Pur)
Editor : Holik

Tinggalkan Komentar Anda