David Ombudsman: Bangun Persepsi Melayani Publik

753
David Ombudsman: Bangun Persepsi Melayani Publik
Asisten Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Ahmad Saleh David Faranto, S.H., M.H. Foto: Munardo - Sebatin.com

Sebatin.com, Bandar Lampung – Rapat Koordinasi Sekertaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung dengan para Sekertaris Daerah Kabupaten/Kota se-Lampung mendapat perhatian dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung.

Rapat yang dipimpin Sekdaprov Sutono tersebut menurut Asisten Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Ahmad Saleh David Faranto, S.H., M.H. merupakan langkah cepat membangun sinergi pembangunan, apalagi ada beberapa hal yang menjadi fokus pemprov, seperti infrastruktur, gerbang desa, tata ruang, tol, dan pelayanan publik. Namun David mengingatkan, bahwa semua kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota, semestinya berbasis pelayanan.

“Perbedaannya terkait dengan ruang lingkup dan sektor yang dilayani, hal ini sudah jelas diatur dalam Pasal 5 ayat (1) dan ayat (2) UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik, di situ menentukan bahwa ruang lingkup pelayanan mencakup barang, jasa, dan administrasi. Sedangkan sektornya, ada pendidikan, pengajaran, pekerjaan dan tempat usaha, tempat tinggal, komunikasi dan informasi, lingkungan hidup, kesehatan, jaminan sosial, energi, perbankan, perhubungan, sumber daya alam, pariwisata, dan sektor strategis lainnya,” jelas David (23/10/2016).

David juga menambahkan, bahwa penjelasan tersebut bisa menjadi perhatian Sekprov Sutono dan para Sekda Kabupaten/Kota, agar semua penyelenggaraan kegiatan ada standar pelayanan, dan dibuat serta dikelola unit/desk pengaduan pelayanan publik, sehingga terbangun persepsi di masyarakat, bahwa Pemerintah, baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota bersama-sama mengupayakan pelayanan publik yang lebih baik.

Sebelumnya, Sekdaprop mengadakan Rakor bersama Sekda seluruh Kabupaten/Kota se-Lampung pada hari Jumat (21/10/2016) di Gedung Pusiban, Bandar Lampung. (Munardo)

Tinggalkan Komentar Anda