Di India Ada Ritual Melumuri Anak-Anak Kecil dengan Kotoran Sapi

458
Di India Ada Ritual Melumuri Anak-Anak Kecil dengan Kotoran Sapi
Ritual melumuri anak kecil dengan kotoran sapi di India.

Sebatin.com, India – Seni-budaya ataupun tradisi adalah hal unik yang mewarnai dunia ini. Tanpa kehadirannya, dunia ini mungkin terasa hambar.

Yunani, Cina, dan India, sejak dulu telah mewarnai peradaban dan kebudayaan dunia. Mempengaruhi atau bahkan melahirkan peradaban-peradaban dan kebudayaan-kebudayaan baru di dunia.

Meskipun zaman terus-menerus mengglobal, namun tradisi leluhur tak boleh ditinggalkan dan dilupakan. Prinsip ini dipegang teguh oleh masyarakat India, tepatnya di kawasan Madhya Pradesh.

Di kawasan Madhya Pradesh setahun sekali setelah perayaan Diwali, yakni Festival Cahaya Hindu terbesar di India, para ibu di sana selalu menyelupkan dan melumuri balita-balita dan anak-anak kecil mereka dengan kotoran sapi.

Ritual ini telah dilakukan selama berabad-abad. Para ibu percaya bahwa ritual ini bisa membawa manfaat baik bagi kesehatan anak-anak. Sejatinya, anak-anak mereka menangis, marah, dan berteriak-teriak saat dicelupkan dan dilumuri dengan kotoran sapi tersebut. Berkali-kali mereka berusaha lari dari ibu-ibu mereka. Namun, para ibu tak peduli.

Meski kotor namun hal itu adalah tradisi yang telah dijaga selama bertahun-tahun. Tidak mudah melepaskan dan melupakan sebuah tradisi walau sudah dijelaskan efek samping dari ritual tersebut oleh ahli kesehatan di sana. (Al Hadeed)

Tinggalkan Komentar Anda