Di Lampung Tengah Ada Kosmetik “Kece” Alami lo…

99
Bupati Lampung Tengah, Dr. Ir. Hi. Mustafa, melihat produk kecantikan "Sabun Kece" produksi Sandra, warga Kampung Bandar Sakti, Sabtu (9/12). Foto : Istimewa

Sebatin.com, Lampung Tengah – Potensi UMKM dan industri rumahan di Lampung Tengah semakin bergeliat. Hal itu tak lepas dari program Kampung Ekonomi Creative (KECe) yang digagas oleh Bupati setempat, Dr. Ir. Hi. Mustafa. Industri kratif di Lampung Tengah pun semakin variatif, tak hanya makanan dan kerajinan tangan, tetapi juga sudah merambah ke produk kecantikan.

Potensi tersebut disambut baik oleh Mustafa dengan meninjau langsung tempat pengolahan kosmetik milik Sandra, di Kampung Bandar Sakti, Sabtu (9/12). Menariknya, produk yang diberi merk “Sabun Kece” ini menggunakan bahan alami yang bebas dari kimia, dengan bahan dasar susu kambing dan susu sapi.

Bupati Lampung Tengah, Dr. Ir. Hi. Mustafa meninjau tempat pengolahan kosmetik milik Sandra, di Kampung Bandar Sakti, Sabtu (9/12). Foto : Istimewa

Pemilihan nama merk Kece ini, kata sandra, merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program KECe yang dibuat oleh Mustafa, selaku Bupati setempat. Ia bercerita, sebelum memproduksi ratusan produk sabun kecantikan ini, dirinya merupakan seorang petani sayur organik. Akhirnya, setelah ingin lebih mandiri dengan berwirausaha, ia belajar memproduksi sabun ini melalui youtube.

“Awalnya saya cuma iseng-iseng liat youtube luar negeri. Dan saya dapet tentang cara membuat sabun kecantikan dengan peralatan dan bahan dasar yang cukup mudah. Akhirnya saya mencoba mempraktekkannya di rumah. Apalagi bahan utama pembuatan sabun adalah susu kambing yang memang sangat mudah didapat,” ujarnya.

Untuk memproduksi sabun kece ini, lanjutnya, dirinya hanya menggunakan dari alat sederhana, yakni peralatan dapur seperti blander, mixer, freezer, dan cetakan. Selain itu, tak lupa bahan baku alami berupa susu kambing dan sapi, serta pula bahan alami lain berupa buah-buahan yang memang mempunyai manfaat untuk kecantikan.

“Saat saya berhasil membuat sabun ini,  saya coba untuk memposting di media sosial. Bayak teman-teman saya yang mengomentari postingan saya itu. Bahkan banyak dari mereka yang langsung memesan,  karena mereka tahu manfaat dari sabun alami susu kambing dan susu sapi ini. Dari beberapa buku yang saya baca ternyata bahan ini sangat kaya akan manfaat,  seperti pencegah anti kanker, bisa membuat kulit menjadi lebih kenyal,  halus dan sehat dan yang pasti bebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya,” bebernya.

Saat ini, tutur Sandra, dirinya tidak hanya menerima pesanan dari Lampung Tengah saja, tetapi dari berbagai daerah di Indonesia hingga ke mancanegara seperti Malaysia dan Belanda. Untuk memenuhi pesanan tersebut, Sandra mengaku dibantu oleh saudara-saudaranya untuk memproduksi ribuan sabun perbulan.

Meski awalnya sempat ragu untuk mengurus perizinan karena Lampung terkenal sulit, Sandra meyakinkan bahwa untuk di Lampung Tengah bisa diproses dengan mudah dan cepat,

“Alhamdulillah perizinan usaha Perdagangan sudah selesai saya buat. Awalnya saya ragu bisa cepat diselesaikan,  ternyata setelah  diurus sangat mudah dan prosesnya sangat cepat.  Apalagi ada program pak bupati Mustafa yang menggratiskan izin usaha bagi wisausaha di Lamteng. Tentunya ini sangat membantu kami masyarakat yang memang baru memulai untuk berwirausaha. Sekarang saya sedang dalam proses pembuatan izin dari BPPOM serta Sertifikat Halal dari MUI, “ucapnya.

Untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat kampung, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah juga memiliki program pembinaan dan pemberdayaan kepada pemuda dan ibu rumah tangga di setiap kampung yang memiliki keterampilan, serta kreativitas untuk menghasilkan produk unggulan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Ibu dari empat anak ini berharap, jika sekarang masih memproduksi di rumah,  kedepan dirinya bisa memiliki pabrik sendiri. Sehingga, dirinya mampu memberdayakan masyarakat sekitar terutama warga yang memiliki keterbatasan baik fisik maupun ekonomi, yang selama ini di abaikan oleh orang lain.

Sementara itu, Bupati Mustafa menuturkan produksi kosmetik merupakan potensi yang langka, khususnya di industri rumahan. Berbahan alami dan aman, ia yakin kosmetik Kece bisa diterima masyarakat luas.

“Potensi ini harus dikembangkan. Insya Allah pemerintah siap suport, izin bakal kita berikan gratis. Pemasaran juga akan kita bantu. Mudah-mudahan semakin tumbuh UMKM atau industri-industri kecil di Lampung Tengah dan menjadi penopang ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

(Red)
Editor : Addarori Ibnu Wardi

 

Tinggalkan Komentar Anda