Di Usia Ke-31, Desa Cempaka Nuban Optimis Kembangkan Wisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal

6
Di-Usia-Ke-31,-Desa-Cempaka-Nuban-Optimis-Kembangkan-Wisata-Berbasis-Budaya-dan-Kearifan-Lokal-01
Camat Batanghari Nuban, Mohammad Ridwan bersama Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemkab Lamtim, David Ariswandy, usai pagelaran pawai karnaval dalam pelaksanaan Festival Desa Cempaka Nuban, Sabtu (16/2/19). Foto : Ist

Sebatin.com, Batanghari Nuban – Terus berupaya menggali dan meningkatkan segala potensi lokal dengan memanfaatkan budaya dan kearifan masyarakatnya. Desa Cempaka Nuban, Kecamatan Batanghari Nuban menggelar kegiatan Festival Desa Wisata. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan agenda 101 Kalender Event Pariwisata Lamtim 2019, sekaligus memperingati HUT Desa Cempaka Nuban Ke-31.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamtim, David Ariswandy, mengatakan, apa yang dilakukan masyarakat Desa Cempaka Nuban, merupakan salah satu cara pengembangan pariwisata lokal berbasis budaya yang ada di desa tersebut. “Melalui festival ini masyarakat dapat menampilkan produk-produk ataupun kerajinan tangan khas Desa Cempaka Nuban. Dan yang tidak kalah penting adalah untuk melatih kebersamaan, gotong royong, dan hidup rukun antara warga masyarakat untuk membangun Kabupaten Lampung Timur”, ujar Davit dalam sambutannya, mewakili Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, Sabtu (16/2/19).

“Jadi selain memperkenalkan produk dan hasil karya desa itu sendiri, Festival semacam ini juga tentunya dapat semakin mempererat kebersamaan antar masyarakat, dan hal itu adalah keunikan serta ciri khas yang mempunyai nilai positif untuk dapat diperkenalkan pada wisatawan lokal maupun mancanegara”, pungkasnya.

Di-Usia-Ke-31,-Desa-Cempaka-Nuban-Optimis-Kembangkan-Wisata-Berbasis-Budaya-dan-Kearifan-Lokal-02
Pemotongan Tumpeng oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemkab Lamtim, David Ariswandy sebagai simbol peringatan HUT Desa Cempaka Nuban Ke-31, Sabtu (16/2/19). Foto : Ist

Dalam Festival Desa Cempaka Nuban ini, digelar beberapa kegiatan, diantaranya pawai karnaval dan lomba tumpeng.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pariwisata yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran pada Dinas Pariwisata, Adianto, Camat Batanghari Nuban, Mohammad Ridwan, serta jajaran Forkopimcam Batanghari Nuban dan Kepala Desa Cempaka Nuban. (Adv/Ade/Kominfo)

Tinggalkan Komentar Anda