Diduga Buruknya Saluran Air Hingga Sebabkan Banjir, Walikota Metro Janjikan Perbaikan Ditahun Ini

475
Diduga Buruknya Saluran Air Sehingga Sebabkan Banjir, Walikota Metro Janjikan Perbaikan Ditahun Ini
Wali dan Wakil Wali Kota Metro beserta perangkat pemerintah kecamatan dan dinas terkait meninjau lokasi rawan banjir di Jalan Selagai, Gg. Parto, RT 31 RW 14, Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Jum'at (27/01/2017). Foto: Arb - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Hujan deras kerap menimbulkan genangan air hingga setinggi 20 Centimeter dan sangat dikeluhkan warga Jalan Selagai, Gg. Parto, RT 31 RW 14, Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur akhirnya terjawab. Setelah Wali dan Wakil Wali Kota Metro meninjau lokasi tersebut, Jum’at (27/01/2017).

Buruknya saluran drainase, diduga menjadi faktor utama penyebab banjir di lingkungan tersebut. Warga meminta Pemerintah Kota Metro dapat segera menangani permasalahan banjir yang telah berlangsung sejak lima tahun terakhir.

Diduga Buruknya Saluran Air Sehingga Sebabkan Banjir, Walikota Metro Janjikan Perbaikan Ditahun Ini 2
Ibu Khotijah warga Iringmulyo saat diwawancarai Sebatin.com di depan rumahnya, Jum’at (27/01/2017). Foto: Arb – Sebatin.com

“Berapa hari ini setiap hujan deres pasti banjir, sampai masuk rumah. Ya harapannya segera dibenerin lah saluran air ini sama pemerintah,” pinta Ibu Khotijah yang lingkungan rumahnya kerap tergenang air saat hujan deras tiba, Jum’at (27/01/2017).

Diduga Buruknya Saluran Air Sehingga Sebabkan Banjir, Walikota Metro Janjikan Perbaikan Ditahun Ini 3
Wali Kota Metro Achmad Pairin saat diwawancarai awak media usai meninjau lokasi rawan banjir di Kelurahan Iringmulyo, Jum’at (27/01/2017). Foto: Arb – Sebatin.com

Wali Kota Metro Achmad Pairin didampingi perangkat pemerintah terkait saat meninjau lokasi tersebut mengatakan, pihaknya meminta pemerintah Kecamatan beserta tokoh masyarakat setempat untuk segera berunding menciptakan solusi agar lokasi tersebut tidak lagi tergenang air.

“Kewajiban pemerintah daerah nanti melalui dinas-dinas terkait akan mengambil langkah setelah mereka-mereka ini berunding. Yang penting gak ada banjir lagi. Solusinya kalau pemerintah memerlukan ya nanti dibangun bareng-bareng di tahun ini. Kalau misalnya di anggaran ini sudah ada, ya kita lanjutkan, kalau belum ya ABT (Anggaran Biaya Tambahan. Red) kita lanjutkan,” ujarnya.

Diduga Buruknya Saluran Air Sehingga Sebabkan Banjir, Walikota Metro Janjikan Perbaikan Ditahun Ini 4
Andi Kardinal, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Metro saat diwawancarai awak media, Jum’at (27/01/2017). Foto: Arb – Sebatin.com

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Metro Andi Kardinal menyampaikan, dalam perencanaan pembangunan saluran air tersebut perlu adanya perencanaan yang matang. Selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan bidang terkait guna menemukan solusi agar lingkungan tersebut tidak banjir lagi.

“Bagaimana nanti ke depan, nanti kita rencanakan apa yang sudah direncanakan Pak Wali tadi. Ini akan kita buat agar menjadi solusi yang kuat, agar tempat ini nggak mengalami banjir lagi. Tapi tentunya kan perencanaan itu perlu tahapan yang memang perlu sama-sama kita ketahui. Kami akan langsung koordinasi dengan bidang bina marga dan teman-teman dari PU, kita akan melihat apakah nanti bentuk perencanaanya, sehingga dapat tersolusi, ke depannya tidak mengalami banjir lagi,” paparnya saat diwawancarai awak media, Jum’at (27/01/2017).

(Arb)

Tinggalkan Komentar Anda