Dinas Koperasi UMKM Metro, Komitmen Kembangkan Produksi Lokal

242
Dinas-Koperasi-UMKM-Metro,-Komitmen-Kembangkan-Produksi-Lokal
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Metro Misnan, S.Sos. ditemui di ruang kerjamya. Foto : Pur sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Dalam upaya peningkatan Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkualitas melalui peningkatan Investasi, menggali potensi daerah dan mengoptimalisasikan pemanfaatan Sumber Daya Alam serta menggerakan sektor perdagangan, industri dan jasa perlu dilakukan pemberdayaan usaha kecil mikro dan menengah.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Metro Misnan, S.Sos. mengatakan bahwa selaras dengan kebijakan pembangunan Kota Metro, satu diantaranya adalah membangun perekonomian masyarakat yang merata yang berbasis pada pertanian yang tangguh, perdagangan, industri dan pariwisata serta jasa pekerja lainya menuju taraf hidup yang sejahtera, maka Dinas Koperasi dan UMKM akan mendukung pencapaian Visi Misi Wali Kota Metro, ujarnya.

Meningkatnya produksi batik dan kerajinan lainnya, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan domestik, untuk itu pengrajin perlu promosi dan pemasaran serta perlu dilakukan pemberdayaan usaha kecil mikro dan menengah.

“Peran kami membantu memasarkan dan mempromosikan produk dari masyarakat. Kendala saat ini adalah produksi dari pelaku UKM yang terbatas, sehingga belum bisa melayani permintaan pasar,” terang Misnan.

Lebih lanjut Misnan mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi yang bertitik pada UMKM, sebab UMKM sebagai penggerak utama dalam rangka peningkatan kesejahteraan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Terkait produksi batik, Misnan juga mengatakan masih belum memenuhi permintaan pasar. Namun trend positif produksi Batik dari tahun ke tahun membuat pihaknya terus bersemangat untuk memasarkan batik ke masyarakat, namun untuk dapat memasarkan produksi UKM di Metro, pihaknya berharap dukungan dari masing-masing instansi yang terkait.

“Mudah-mudahan ke depan produksi batik semakin banyak lagi, sehingga kita bisa lebih mudah menawarkan ke pasar,” kata dia.

Lanjut Misnan menambahkan, arah kebijakan pemberdayaan koperasi dan UMKM selaras dengan visi terwujudnya Koperasi dan UMKM yang berkualitas, Maju dan Berdikari. Adapun sasaran dan arah kebijakan yang ingin dicapai antara lain, yaitu meningkatkan kualitas kelembagaan koperasi dan UMKM, meningkatkan pengembangan usaha koperasi dan UMKM, dan meningkatkan upaya menumbuh kembangkan kewirausahaan koperasi dan UMKM.

Untuk mewujudkan visi dan misi pemberdayaan koperasi dan UMKM tersebut, maka Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Metro telah menetapkan strategi dan langkah operasional yang meliputi, pembinaan koperasi, melaksanakan pendataan UMKM dan Wira usaha baru, memfasilitasi dan melaksanakan diklat SDM pengkoperasian, serta melaksanakan kordinasi, konsultasi, temu kemitraan dan temu usaha.

Selanjutnya, adalah memfasilitasi juga melaksanakan pameran dan promosi produk koperasi UMKM, memberikan bantuan kredit modal kerja bagi koperasi  UMKM, melaksanakan sosialisasi kewirausahaan dan perkoprasian kepada masayarakat, melaksanakan pengembangan sistem informasi perencanaan pengembangan koperasi UMKM, serta melaksanakan pembinaan koperasi UMKM yang berprestasi, kata Misnan.

(Pur)
Editor : Holik

Tinggalkan Komentar Anda