Disdukcapil Kota Metro Laksanakan Instruksi Dirjen Mendagri Tentang Pelayanan Kependudukan Bagi Masyarakat

299
Disdukcapil Kota Metro Laksanakan Instruksi Dirjen Mendagri Tentang Pelayanan Kependudukan Bagi Masyarakat
Kadis Dukcapil Kota Metro Maria Fitri Jayasinga

Sebatin.com, Kota Metro – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro akan melaksanakan program 3 in 1 dan 4 in 1 guna meningkatkan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan bagi warga masyarakat Kota Metro.

Menurut Kadisdukcapil Kota Metro Maria Fitri Jayasinga, diruang kerjanya mengatakan, bahwa program tersebut dilakukan guna untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, juga hal ini merupakan instruksi dari Direktur jendral (Dirjen) Kementerian Dalam Negeri (Mendagri).

“Maksud dan tujuan dari program 3 in 1 atau 4 in 1 ini adalah dimana masyarakat dalam mengurus satu dokumen kependudukan bisa mendapat 3 atau 4 dokumen sekaligus,” katanya, Jumat (21/7/2017).

Ia melanjutkan, apabila ada warga yang akan mengurus perubahan dari data KTP-elekteonik, seperti alamat domisilinya, maka yang bersangkutan akan mendapat KTP- elektronik yang baru, beserta Kartu Keluarga (KK) dengan alamat baru, meskipun nomor KK nya tetap melekat pada Kepala Keluarga.

“Program ini adalah inovasi terbaru dan perlu diketahui oleh masyarakat dalam mengurus satu dokumen kependudukan akan mendapat sekaligus 3 atau 4 dokumen, jadi tidak perlu lagi mengurus satu-satu seperti sebelumnya,” ujarnya.

Kemudian tambahnya, dengan layanan inovasi tersebut, untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan dengan cepat dan mudah, juga untuk menggugah kesadaran masyarakat akan tertib adminitrasi kependudukan.

“Program ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui dan mengurus sendiri dokumen kependudukannya langsung ke Disdukcapil, agar supaya terhindar dari pencaloan ataupun pungli,” ringkasnya.

(S02)

Tinggalkan Komentar Anda