Dishub Mesuji Berencana Pasang 600 Rambu di Jalan Protokol

5
Ilustrasi Rambu Lalu Lintas. Foto : Istimewa

Sebatin.com, Mesuji – Tahun ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mesuji berencana menebar 600 rambu di jalan-jalan protokol. Kepala Dishub Mesuji, Widada Prawira mengatakan, rambu tersebut terdiri dari beragam rambu peringatan untuk kategori jalan Kabupaten.

Dari total 600 rambu yang akan disebar itu, kata Widada, rambu peringatan batas tonase mendominasi. Hal itu dikarenakan banyaknya kendaraan angkutan khususnya truk yang melintas di jalan Kabupaten di Mesuji.

“Jadi kita pasang rambu untuk mengingatkan mereka,” terang Widada, Minggu (08/04).

Dari total 600 rambu yang akan dipasang itu, lanjut Widada, perinciannya yakni, 15 rambu tonase, 50 rambu perempatan, 50 rambu pertigaan, 80 rambi jembatan, 50 rambu tempat ibadah, dan rambu sekolah.

“Itu semua untuk jalan Kabupaten. Kalau untuk jalan provinsi diusulkan 100 untuk rambu dan PJU,” katanya.

Khusus untuk tonase, Widada juga mengakui jika pihaknya kesulitan untuk melaksanakan razia tonase bagi kendaraan angkutan yang melebihi beban yang disarankan. Pasalnya menurut Widada, pihaknya kekurangan personel untuk memantau aktifitas kendaraan yang melebihi tonase yang diperbolehkan.

Padahal, kendaraan yang melebihi batas tonase yang dianjurkan ini merupakan faktor penyumbang terbesar kerusakan jalan. “Upaya kita paling memperingati mereka supaya tidak membawa kendaraan melebihi beban yang diperbolehkan, salah satunya dengan rambu peringatan,” tandas Widada.

Reporter : Roby
Editor     : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda